ANALISIS LAYANAN E-BANKING PT BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO).TBK DALAM MENDUKUNG KEUNGGULAN BERSAING
ARUM S., Rangga Almahendra, Dr., S.T., M.M.,
2018 | Tesis | S2 ManajemenPerkembangan teknologi dan perubahan gaya hidup mendorong banyak individu untuk melakukan kegiatan sehari-harinya melalui media elektronik, termasuk aktivitas perbankan. Industri perbankan mengadopsi aplikasi elektronik untuk meningkatkan kinerja dan keunggulan kompetitif. Oleh karena itu, perlu adanya strategi yang tepat dalam layanan electronic banking untuk memenangkan keunggulan bersaing termasuk pada BNI yang termasuk salah satu bank terbesar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis layanan e-banking BNI dalam mendukung keunggulan bersaing dan mengetahui persepsi nasabah layanan e-banking BNI dalam industri perbankan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis rantai nilai dan analisis pemetaan persepsi. Berdasarkan hasil analisis rantai nilai dapat diketahui bahwa BNI menggunakan strategi differensiasi pada pengembangan layanan e-banking, dimana layanan yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. BNI telah memanfaatkan media digital dalam sebagian besar aktivitasnya. Namun demikian, masih perlu adanya pengembangan dalam aktivitas pendukung pada aktivitas infrastruktur perusahaan yaitu pada optimalisasi distribusi peralatan. Selanjutnya, hasil analisis pemetaan persepsi menunjukkan bahwa layanan e-banking BNI memiliki keunggulan pada kompleksitas fitur dan kemudahan penggunaan.
The development of technology and the change of lifestyle encourage more people to conduct their daily activities through electronic media, including banking activities. The banking industry adopts electronic applications to improve performance and competitive advantage. Therefore, there is a need for the appropriate strategy in electronic banking services to win competitive advantage include in BNI which is one of the largest banks in Indonesia. This study aims to analyze e-banking services of BNI to support competitive advantage and to know the perception of BNI e-banking customer service in the banking industry. The analytical method used in this research is value chain analysis and consumer perceptual map. Based on the analysis of the value chain, it is showed that BNI using differentiation strategy in the development of e-banking services which tailored to the needs of its customers. BNI has utilized digital media in most of its activities. However, there is still a need for supporting activities development in the company's infrastructure activities to optimize the distribution of equipment. Furthermore, the result of perceptual mapping analysis shows that BNI e-banking services have advantages in the complexity of features offered and ease of use.
Kata Kunci : e-banking, analisis rantai nilai, analisis pemetaan persepsi, keunggulan bersaing