Laporkan Masalah

PERAN JENIS KELAMIN, USIA, DAN COMPUTER SELF EFFICACY TERHADAP KINERJA GURU SD PNS DI KECAMATAN DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

NUR FITRIANA , Prof. Thomas Dicky Hastardjo

2018 | Tesis | S2 Psikologi

PERAN JENIS KELAMIN, USIA DAN EFIKASI DIRI KOMPUTER TERHADAP KINERJA GURU SD PNS DI KECAMATAN DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA Intisari Usia dan jenis kelamin guru Sekolah Dasar yang berstatus sebagai PNS menjadi salah satu permasalahan yang bisa mempengaruhi kinerja seorang guru dan juga efikasi diri komputer guru yang dikaitkan dengan ketugasan guru dalam keseharian. Efikasi diri komputer dirasa mampu mendukung pekerjaan secara administratif ataupun dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran jenis kelamin, usia, dan efikasi diri komputer guru terhadap kinerja guru SD yang berstatus sebagai PNS di Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta. Subjek penelitian merupakan guru SD berstatus sebagai PNS di lingkungan Kecamatan Depok Sleman Yogyakarta (N=115). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala efikasi diri komputer. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan regresi ganda dengan variabel dummy menggunakan SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kelamin, usia, dan efikasi diri komputer secara simultan tidak berperan terhadap kinerja guru dengan nilai F = 2,116 dan R = 0,270 (p= 0,105; p 0,05), yang berarti hipotesis penelitian tidak terbukti atau ditolak. Secara sendiri usia ( = 0,030; p= 0,117) dan jenis kelamin ( = 0,246; p= 0,0535) tidak berperan terhadap kinerja guru sedangkan efikasi diri komputer (= 0,022; p= 0,030) berperan terhadap kinerja Kata kunci : jenis kelamin, usia, efikasi diri komputer, kinerja guru SD PNS.

THE ROLE OF GENDER, AGE AND COMPUTER SELF EFFICACY TO THE PERFORMANCE OF TEACHER SD PNS IN SUB DISTRICT DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA Abstract The age and sex of elementary school teachers who have the status of civil servants become one of the problems that can affect the performance of a teacher and also self-efficacy computer teachers associated with the tasks of teachers in everyday life. Self-efficacy of the computer is perceived to be able to support the work administratively or in the learning process. The purpose of this study is to determine the role of sex, age, and self efficacy of teacher computers on the performance of elementary school teachers who are status as civil servants in the District of Depok, Sleman, Yogyakarta.Research subjects are elementary school teachers as civil servants in Depok Sleman Yogyakarta (N = 115). Data collection was performed using computer self-efficacy scale. Data analysis technique in this research use double regression with dummy variable using SPSS 20.0 for windows.The results showed that the sex, age, and self-efficacy of computers simultaneously did not contribute to teacher performance with the value of F = 2.116 and R = 0.270 (p = 0.105; p 0.05), which means the research hypothesis is not proven or rejected. Self-aged (= 0,030; p = 0,117) and gender (= 0,246; p = 0,0535) did not contribute to teacher performance while self-efficacy of computer (= 0,022; p = 0,030) Keywords: gender, age, self-efficacy of computer, teacher performance of SD PNS.

Kata Kunci : Kata kunci : jenis kelamin, usia, efikasi diri komputer, kinerja guru SD PNS.

  1. S2-2018-351031-abstract.pdf  
  2. S2-2018-351031-bibliography.pdf  
  3. S2-2018-351031-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2018-351031-title.pdf