Laporkan Masalah

Peran Persepsi Keterlibatan Ayah dan Keterlibatan Ibu serta Konsep Diri Membaca terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar

SITI DINI FAKHRIYA, Esti Hayu Purnamaningsih, M. S., Psikolog

2018 | Tesis | S2 Psikologi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran persepsi keterlibatan ayah dan keterlibatan ibu serta konsep diri membaca terhadap minat baca siswa sekolah dasar. Hipotesis penelitian ini adalah adanya peran persepsi keterlibatan ayah dan keterlibatan ibu serta konsep diri membaca terhadap minat baca siswa sekolah dasar dan ada perbedaan persepsi keterlibatan ayah dan keterlibatan ibu. Subyek penelitian ini dilakukan pada 169 siswa kelas 3 dan 4 yang berusia 8-11 tahun serta tinggal bersama orang tua. Alat ukur yang digunakan adalah skala persepsi keterlibatan ayah dan keterlibatan ibu, skala konsep diri membaca serta skala minat baca. Hasil regresi ganda menunjukkan bahwa persepsi keterlibatan ayah dan keterlibatan ibu serta konsep diri membaca secara bersama-sama memberikan sumbangan sebesar 50,1% terhadap minat baca (R square=0,501). Hasil uji t menunjukkan terdapat perbedaan antara persepsi keterlibatan ayah dan keteribatan ibu serta perbedaan minat baca antara siswa laki-laki dan siswa perempuan.

This purpose of this study is to determine the role of perceptions of fathers involvement and mothers involvement, reading self concept to reading interest in elementary school students. It was hypothesized that reading interest can be predicted by perceptions of fathers involvement and mothers involvement and reading self concept and there is a difference between perceptions of fathers involvement and mother involvement. Subject in this research were 169 elementary school students in class 3 and 4, age range between 8-11 and live with both parents. Intruments used in this study are the perceptions of father involvement, perceptions of mothers involvement scale, reading self concept scale and reading interest scale. The result from multiple regression analysis showed that perceptions of fathers involvement and of mothers involvement and reading self concept altogether gave an 50,1% contribution to reading interest (R square=0,501 sig=0.000). T test analysis showed that there was a difference between perceptions of fathers involvement and mother involvement and a difference in reading interest between male and female students.

Kata Kunci : persepsi keterlibatan ayah, persepsi keterlibatan ibu, konsep diri membaca, minat baca

  1. S2-2018-392251-bibliography.pdf  
  2. S2-2018-392252-abstract.pdf  
  3. S2-2018-392252-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2018-392252-title.pdf