Laporkan Masalah

MODIFIKASI MODEL BISNIS BENGKEL MAKMUR MOTOR

DHANY IRAWAN T.N, Nurul Indarti, Sivilokonom, Cand Merc, Ph.d

2018 | Tesis | S2 Manajemen

INTISARI Berdasarkan data BPS (2016), sepanjang tahun 2012 hingga 2015 angka pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) di Indonesia rata-rata mencapai 11,4%. Hal itu menunjukkan kondisi perekonomian di Indonesia semakin tahun semakin tumbuh. Berdasarkan data samsat Gunungkidul (2017), angka kepemilikan motor di Gunungkidul dari tahun 2011 hingga 2016 mengalami peningkatan per tahun rata-rata sebesar 9,03%. Adanya progres kenaikan permintaan sepeda motor ini menyebabkan kenaikan pengguna motor. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bisnis model Makmur Motor yang lama dan menyusun modifikasi model bisnis Makmur Motor yang baru sesuai dengan kondisi lingkungan eksternal dan internal perusahaan. Metode penelitian menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebar kuesioner menggunakan Google form kepada responden secara purposive sampling yang telah ditentukan dan data sekunder berupa buku, artikel, jurnal, website, dan studi pustaka. Selain itu, penelitian ini menggunakan metode penelitian sembilan blok bangunan dan analisis peta empati. Analisis kelayakan investasi menggunakan perhitungan NPV, IRR, dan Payback Period serta analisis skenario keuangan dibagi menjadi tiga yaitu analisis pesimis, analisis normal, dan analisis optimis. Berdasarkan hasil kuesioner yang telah disebar, sebanyak 56,7% responden mengatakan pelayanan terlalu lama/antri dan sebanyak 46,7% mengatakan tertarik dengan konsep aplikasi servis yang ditawarkan Makmur Motor Online. Disisi lain banyak responden merasa puas dengan pelayanan servis dibengkel dikarenakan pelayanan cepat, tepat, dan ramah serta montir yang kompeten, informative, dan cekatan. Berdasarkan dari hasil kuisioner tersebut maka Makmur Motor mengeluarkan jasa booking servis online berbasis aplikasi yaitu Makmur Motor Online. Aplikasi tersebut diluncurkan dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan calon pelanggan dan memberikan solusi atas masalah yang dihadapi calon pelanggan saat melakukan servis motor. Berdasarkan analisis keuangan keuangan, proyek pengembangan bisnis ini memiliki prospek yang baik. Total modal yang sudah diinvestasikan dengan tambahan modifikasi dibidang IT, marketing, operasional, dan perlengkapan sebesar Rp 3.336.000.000. Proyek bisnis ini memiliki lama pengembalian 3 tahun 8 bulan dan NPV Rp 8.719.773.802 Kata Kunci: model bisnis, bengkel motor, peta empati, kanvas model bisnis, aplikasi platform, modifikasi model bisnis

ABSTRACT According to polling conducted by Central Bureau of Statistic (BPS) 2016, in period of 2012-2015 the average of gross domestic product (GDP) in Indonesia was 11,4%. It shows the economic condition of Indonesia increasingly growing up. Based on data from Gunungkidul One Roof System 2017, motorcycle ownership in Gunungkidul from 2011-2016 has an average increase of 9,03% per year. The purpose of this research is to analyzed the old Makmur Motor business model and to modify the new business model of Makmur Motor according to the external and internal environment condition of the company. The research method used descriptive qualitative analysis method. Sources of data of this study using primary data by spreading questionnaires using Google form to the respondents by purposive sampling that has been determined and secondary data in the form of books, articles, journals, websites, and literature study. This research uses nine block building research and empathy map analysis. The investment feasibility analysis using NPV, IRR, and Payback Period calculations as well as financial scenario analysis is divided into three namely pessimistic analysis, normal analysis, and optimistic analysis. Based on the results of questionnaires that have been spread, as many as 56.7% of respondents said the service is too long/queued and as many as 46.7% said interested in the concept of service applications offered Makmur Motor Online. On the other hand many respondents are satisfied with service in Makmur Motor due to fast service, precise, and friendly and competent mechanic, informative, and nimble. Based on the results of the questionnaire then Makmur Motor issued an online service-based booking service application that Makmur Motor Online. The application was launched to fulfil the needs of prospective customers and provide solutions to problems faced by prospective customers when performing repair the motorcycle. Based on financial financial analysis, this business development project has a good prospect. Total capital invested with additional modifications in the field of IT, marketing, operations and equipment amounting to Rp 3.336.000.000. This business project has a payback period of 3 years and 8 month and NPV Rp 8.719.773.802 Keywords: business model, motorcycle workshop, empathy map, business model canvas, platform application, business model modification

Kata Kunci : model bisnis, bengkel motor, peta empati, kanvas model bisnis, aplikasi platform, modifikasi model bisnis

  1. S2-2018-392582-title.pdf