Laporkan Masalah

PERSEPSI KONSUMEN PADA ATMOSFER RUANG RESTORAN ETNIK DI YOGYAKARTA: Studi Kasus Pada Restoran Etnik Jawa

PRADNYA PARAMYTHA, Dr. Suastiwi Triatmodjo, M.Des.; Dr. Kuntari Erimurti, M.M.

2018 | Tesis | S2 Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa

Makan di restoran adalah salah satu gaya hidup untuk mendapatkan kesenangan. Kesenangan tersebut dapat diperoleh melalui interaksi konsumen dengan atmosfer ruang restoran. Tipe restoran yang diminati konsumen untuk mendapatkan kesenangan adalah restoran etnik. Kecenderungan makan di restoran etnik terus meningkat di berbagai wilayah termasuk di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi konsumen pada atmosfer ruang restoran etnik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Data yang dikumpulkan merupakan hasil wawancara dari sembilan partisipan yang memiliki pengetahuan tentang desain interior diolah dengan menggunakan analisis fenomenologis interpretatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bukti bahwa persepsi visual, persepsi auditori, persepsi taktil, persepsi kinestetik dan persepsi olfaktori konsumen pada elemen atmosfer ruang restoran mengacu pada ciri khas etnik. Pada penelitian ini ditemukan bukti-bukti lainnya bahwa dinding, lantai, bentuk atap, aroma dan seragam tradisional para pekerja termasuk dalam elemen atmosfer restoran. Hasil penelitian ini juga mengidentifikasi berbagai elemen yang membentuk atmosfer restoran etnik Jawa.

Eating at the restaurant is one of the lifestyles to get pleasure. Pleasure can be obtained through consumer interaction with atmosphere restaurant space. The type of restaurant that consumers demand for pleasure is an ethnic restaurant. The tendency to eat in ethnic restaurants continues to increase in various areas including in Yogyakarta. This study aims to identify the perceptions of consumers on the atmosphere of ethnic restaurant spaces. This research is a qualitative research using phenomenology approach. The data collected is the result of interviews from nine participants who have knowledge of interior design processed by using interpretative phenomenological analysis. The results of this study show evidence that visual perceptions, auditory perceptions, tactile perceptions, kinesthetic perceptions and consumer olfactory perceptions on elements of the restaurant atmosphere spaces refer to ethnic characteristics. In this study found other evidences that the walls, floors, roof shapes, aroma and traditional uniforms of workers included in the element of the restaurant atmosphere. The results of this study also identified the various elements that form the atmosphere of Javanese ethnic restaurants.

Kata Kunci : atmosfer ruang, restoran etnik, persepsi, konsumen