Analisa Strategi Inovasi pada PT. Amcor Flexibles Indonesia dalam Mempertahankan Keunggulan Kompetitif Perusahaan
MASNIARI ROSELINA SILALAHI, Saefuddin Hasan, Drs., M.B.A.
2018 | Tesis | S2 ManajemenKonsep strategi inovasi memiliki peranan penting untuk mempertahankan keunggulan kompetitif perusahaan karena melalui inovasi perusahaan dapat menerapkan ide-ide baru menjadi hasil yang nyata sehingga perusahaan menjadi lebih kompetitif dibandingkan para pesaing. Dalam strategi inovasi, manajemen strategi terkait erat dengan operais yang produktif, realisasi strategic thinking melalui strategi inovasi yang terstrukut dan berjalan secara terus menerus, dan penggunaan sumber daya dan pengembangan produk sebagai alat dalam meningkatkan kompetisi perusahaan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) Mengidentifikasi tantangan dalam implementasi strategi inovasi, dan 2) Menganalisa bahwa strategi inovasi yang penting terhadap keunggulan kompetitif perusahaan. Peneliti melakukan wawancara kepada manajemen senior PT. Amcor Flexible Indonesia guna menjawab pokok permasalahan penelitian. Peneliti mendapatkan hasil berupa identifikasi terhadap sejumlah area PT. Amcor Flexible Indonesia yang dapat ditingkatkan agar pelaksanaan strategi inovasi dapat berjalan dengan lebih baik. Peneliti juga mendapatkan hasil bahwa strategi inovasi, yang termasuk didalamnya adalah inovasi dalam setiap unit bisnis, inovasi produk baru, inovasi perhitungan harga, inovasi pengiriman adalah penting bagi perusahaan, ditandai dengan kompetensi perusahaan dalam melakukan inovasi dan perhatian perusahaan dalam pengembangannya.
The concept of innovation strategy has an important role in winning the competitive advantage of company because in order to survive, company must implement new ideas into real results so that companies become more competitive that its competitors. In the practices of innovation strategy, strategic management is linked to operations, the realization of strategic thinking, as well as the use of resources and product development as a tool in enhancing its competitiveness. The problems studied in this research are : 1) to identify the challenges in the implementation of innovations in corporate strategy, and 2) to analyze the importance of innovation strategy towards sustainability of the company. Researcher identified challenges in implementing innovation strategy through interviewing management PT. Amcor Flexibles Indonesia. Researcher identified number of areas at PT. Amcor Flexibles Indonesia in implementation of innovation strategies for improvement in the future. Researcher also found that innovation strategy, which are innovation in business unit, innovation in new product development, innvotion in price structure, innovation in shipmen are important part of the company, marked by the companys competences in innovation and the companys attention on the development.
Kata Kunci : Innovations Strategy, New Product Development, Competitive Advantage