PENGARUH ELEMEN BAURAN PEMASARAN DALAM MENARIK WISATAWAN BERKUNJUNG KE PANTAI GOA WATULAWANG KABUPATEN GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
ZULFIKAR BALGES , Prof. Dr. Basu Swastha Dharmmesta, M.B.A.,
2018 | Skripsi | MANAJEMENSkripsi ini adalah hasil penelitian kualitatif dengan judul Pengaruh Elemen Bauran Promosi dalam Menarik Wisatawan Berkunjung ke Pantai Goa Watulawang Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis penyebab lemahnya strategi pemasaran dan bauran promosi pantai Goa Watulawang yang secara mandiri di kelola oleh kelompok sadar wisata pantai Goa Watulawang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang diperoleh melalui wawancara mendalam dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, kelompok pengelola dan wisatawan pantai Goa Watulawang. Setelah mengidentifikasi dan menganalisis data, strategi pemasaran menggunakan spesesialisasi berapa segmen dengan spesialisasi selektif dalam penargetan pasar dan menggunakan elemen bauran promosi untuk mengkomunikasikan informasi yang terkait dengan pantai Goa Watulawang Kabupaten Gunungkidul. Promosi yang dilakukan oleh kelompok pengelola masih tergolong sederhana, hanya menggunakan papan reklame pemberitahuan lokasi pantai Goa Watulawang di depan jalan utama. Faktor pengetahuan dan pengalaman dalam pemasaran dan promosi menjadi faktor penghambat bagi kelompok pengelola dalam merumuskan dan mengimplementasikan strategi pemasaran serta bauran promosi pantai Goa Watulawang. Sejalan dengan kesimpulan di atas, penulis memberikan saran yaitu kelompok pengelola pantai Goa Watulawang, dapat menggabungkan bauran promosi sebagai strategi yang tepat dalam mempromosikan dan menarik wisatawan lokal Kabupaten Gunungkidul dan kota Yogyakarta ke pantai Goa Watulawang. Melalui periklanan yaitu radio lokal Kabupaten Gunungkidul dan radio kampus mahasiswa Yogykarta, memasang reklame atau papan pemberitahuan pantai Goa Watulawang yang mencolok dan membuat serta membagikan brosur. Promosi Penjualan seperti menawarkan paket harga yang terjangkau dan menarik bagi wisatawan. Acara dan pengalaman seperti mensponsori dan terlibat dalam kegiatan masyarakat. Hubungan masyarakat dan publisitas seperti membentuk divisi humas dalam kelompok pengelola pantai Goa Watulawang. Pemasaran langsung dan basis data seperti Surat langsung dengan mengirim melalui e-mail dan media sosial ke wisatawan yang pernah mengunjungi pantai Goa Watulawang. Pemasaran internet dan media sosial seperti facebook, instagram, twitter, blogger dan situ web milik kelompok pengelola pantai Goa Watulawang. Pemasaran bergerak seperti melalui telepon dan tablet dengan koneksi jaringan internet untuk menanggapi respon dari wisatawan. Penjualan tatap muka seperti melalui pembinaan anggota kelompok pengelola menjual produk atau pantai Goa Watulawang. Kata kunci: Bauran Promosi, Strategi Pemasaran dan Teori Stimulus-Organism-Response (S-O-R),
This thesis is the result of qualitative research with the title "The Influence of Elements of Mix of Promotion in Attracting Tourists to the Watulawang Cave of Gunungkidul Regency of Yogyakarta Special Region". The purpose of the research is to identify and analyze the causes of the weak marketing strategy and the promotion mix of Watulawang Cave which is independently managed by the coastal conscious group of Watulawang Cave. This research uses qualitative method with case study approach. Data obtained through in-depth interviews with the Tourism Office of Gunungkidul Regency, the management group and the tourists of Watulawang Cave. After identifying and analyzing the data, marketing strategy and promotion mix used by coastal management group of Watulang Cave, which is still relatively simple, that is only use the notification board location of Watulawang Cave location. Factor of knowledge and experience in marketing and promotion become obstacle factor for group of managers in formulating and implement marketing strategy and promotion mix of Cave Watulawang beach. In line with the above conclusions, the authors provide suggestions that the coastal management group Cave Watulawang beach, can combine the promotion mix as an appropriate strategy in promoting and attracting local tourists of Gunungkidul Regency and Yogyakarta city to the beach of Cave Watulawang beach. Through advertising that is local radio Gunungkidul District and campus radio college student Yogyakarta, placing a billboard or a notice board of the Beach Cave Watulawang striking and create and distribute flyers. Sales Promotions offer such an affordable and attractive price package for travelers. Events and experiences such as sponsoring and engaging in community activities. Public relations and publicity such as forming a public relations division in the coastal management group of the beach Cave Watulawang. Direct marketing and data bases such as direct mail by sending via e-mail and social media to travelers who have visited the beach of Watulawang Cave. Internet marketing and social media such as facebook, instagram, twitter, blogger and web site belong to the coastal management group of the beach Cave Watulawang. Marketing moves like over the phone and tablet with internet network connection to respond to the response of the tourists. Such face-to-face sales through coaching members of the managing group "sell" the products or beach of Watulawang Cave. Keyword: Promotional Mix, Marketing Mix and Stimulus-Organism-Response Theory (S-O-R)
Kata Kunci : Bauran Promosi, Strategi Pemasaran, dan Teori Stimulus-Organism-Response (S-O-R)