Laporkan Masalah

PERAN GROWTH MINDSET DAN PENGENDALIAN DIRI TERHADAP GRIT AKADEMIK PADA MAHASISWA BEKERJA

NI'MATUS SHOLIHAH, Dr. rer. pol. Bhina Patria, M.A.

2018 | Tesis | S2 Psikologi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran antara growth mindset dan pengendalian diri terhadap grit akademik pada mahasiswa bekerja. Pengumpulan data dilakukan terhadap 200 orang mahasiswa yang kuliah sambil bekerja di STIE YPPI Rembang. Alat ukur yang digunakan ada tiga yaitu skala grit akademik, skala growth mindset dan skala pengendalian diri. Hipotesis yang diajukan adalah growth mindset dan pengendalian diri secara bersama-sama memiliki kontribusi positif terhadap grit akademik pada mahasiswa bekerja. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa secara bersama-sama growth mindset dan pengendalian diri mampu memberikan kontribusi positif terhadap grit akademik dengan nilai F=46,457 (p=0,00) dengan sumbangan efektif sebesar 32% (R2=0,320). Secara terpisah, variabel growth mindset memberikan sumbangan efektif terhadap grit akademik sebesar 27,1% dengan b=0,508 (p=0,00). Pengendalian diri memberikan sumbangan efektif 4,9% dengan b=0,188 (p=0,002). Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat dinyatakan bahwa growth mindset dan pengendalian diri dapat meningkatkan grit akademik pada mahasiswa bekerja.

This study was aimed at finding the role of growth mindset and self-control towards academic grit among working students. Data was collected from 200 working students of STIE YPPI Rembang. There were three measuring instruments used in the study: academic grit scale, growth mindset scale, and self-control scale. The hypothesis was that growth mindset and self-control collectively could give positive contribution to academic grit of working students. The result of the hypothesis test showed that growth mindset and self-control collectively could give positive contribution to academic grit with F=46,457 (p=0,00) and effective contribution of 32% (R2=0,320). Separately, the variable of growth mindset gave 27,1% effective contribution to academic grit with b=0,508 (p=0,00). The self-control gave 4,9% effective contribution to academic grit with b=0,188 (p=0,002). Based on that results it might be stated that growth mindset and self-control could increase the academic grit of working students.

Kata Kunci : grit akademik, growh mindset, pengendalian diri, mahasiswa bekerja / academic grit, growth mindset, self-control, working student


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.