PERAN HARGA DIRI DAN REGULASI EMOSI TERHADAP KEPEDULIAN GURU DI SEKOLAH INKLUSI
FATIMAH UKHTI M, Prof. Dr. Tina Afiatin, M.Si.
2018 | Tesis | S2 PsikologiPerilaku peduli pada guru adalah bentuk nyata dari respon terhadap siswa, memberi perhatian dan membangun interaksi yang disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan. Harga diri dan regulasi emosi merupakan faktor internal yang diprediksikan memberikan pengaruh terhadap kepedulian guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dan regulasi emosi dengan kepedulian guru di sekolah inklusi. Subjek pada penelitian ini adalah 131 guru reguler yang mengajar di sekolah inklusi di Kota Yogyakarta. Hasil analisa data dengan menggunakan regresi linier berganda didapatkan bahwa harga diri memberikan pengaruh sebesar 5,8% (p = 0,018) dan regulasi emosi antecedent-focused memberikan pengaruh sebesar 5,0% (p = 0,011). Kemudian, harga diri dan regulasi emosi antecedent-focused secara bersamasama memberikan pengaruh sebesar 9,0% terhadap kepedulian guru dengan signifikansi p= 0,006. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kepedulian guru di sekolah inklusi dapat diprediksikan dari harga diri dan regulasi emosi antecedent-focused.
Caring behavior by teacher is a real form of giving responses, attention, and to actively build interaction tailored to the student need and development. Self-esteem and emotion regulation are internal factors that are predicted to affect teacher caring behavior. This study aims to determine the relationship between self-esteem and emotion regulation with teachers caring behavior in inclusive school. Subjects in this study were 131 regular teachers who teach in inclusive schools in Yogyakarta. Multiple linear regression showed that self esteem gave 5.8% (p = 0,006) and emotional regulation antecedent focused gave 5.0% influence (p = 0,011), self esteem and emotional regulation antecedent-focused together gave 9.0% influence to teachers caring behavior significantly (p = 0.006). Thus, inclusive school teachers caring behavior can be predicted by self-esteem and emotion regulation antecedent-focused.
Kata Kunci : harga diri, regulasi emosi, kepedulian guru, sekolah inklusi