Laporkan Masalah

TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN DI KLINIK DOKTER PRAKTIK NUR AHSANI

ESTHI PRITA A, Savitri Citra Budi, S.KM., M.PH

2018 | Tugas Akhir | D3 REKAM MEDIS SV

Dalam sebuah pelayanan instansi, kepuasan pelanggan menjadi salah satu komponen penting yang harus diukur demi tercapainya kualitas pelayanan yang optimal. Kepuasan pelanggan menjadi indikator utama dari standar fasilitas kesehatan dan merupakan suatu ukuran mutu pelayanan kepuasan pelanggan terutama untuk fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS. Selama ini, terkadang sebuah instansi tidak memperhatikan respon konsumen, yang dalam hal ini adalah pasien, terhadap pelayanan instansi tersebut. Salah satu klinik dokter praktik yang bekerja sama dengan BPJS adalah klinik dokter praktik Nur Ahsani. Di klinik dokter praktik Nur Ahsani belum pernah melakukan survei tingkat kepuasan pasien. Untuk itu, penting diadakan survei kepuasan pasien demi tercapainya pelayanan yang lebih baik.

n the agency service, customer satisfaction become one of the important component that must be measured in order to achieve optimal service quality. Customer satisfaction became the main indicator of health facility standard and the quality measurement of customer satisfaction service.So far, sometimes an ageny doesn't pay attention to customer response, which in this case is the patient, to the service of agency, especially for clinic in collaboration with BPJS. One of the clinic in collaboration with BPJS is Nur Ahsani clinic. There has no customer satisfaction survey yet at Nur Ahsani clinic. Therefore, it is important to do customer satisfaction survey for the better service.

Kata Kunci : Kepuasan pasien, pasien BPJS, pelayanan klinik dokter praktik

  1. D3-2018-332287-abstract.pdf  
  2. D3-2018-332287-bibliography.pdf  
  3. D3-2018-332287-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2018-332287-title.pdf