Laporkan Masalah

PENGARUH METODE BELAJAR MIND MAPPING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN DENDROLOGI SISWA KELAS X SMK KEHUTANAN NEGERI MAKASSAR DENGAN INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ) SEBAGAI KOVARIABEL

RR. DIAN PRISTIA, Prof. Dr. Thomas Dicky Hastjarjo

2018 | Tesis | S2 Psikologi

Prestasi belajar mata pelajaran dendrologi relatif kurang baik pada siswa kelas X SMK Kehutanan Negeri Makassar. Mata pelajaran dendrologi menekankan aspek nalar kognitif siswa terkait memahami dengan hafalan atau mengingat tentang pepohonan. Maka, diperlukan metode belajar yang dianggap dapat meningkatkan prestasi belajar, dalam hal ini metode belajar mind mapping. Pada sisi lain, secara teoretis faktor inteligensi berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan porsi cukup besar, sehingga aspek ini perlu dikontrol secara statistik. Penelitian ini mengacu pada konsep mind mapping Buzan, sementara pengukuran inteligensi menggunakan Intelligenz Struktur Test (IST). Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode belajar mind mapping terhadap prestasi belajar mata pelajaran dendrologi dengan inteligensi sebagai kovariabel. Metode penelitian kuasi eksperimen dengan desain Untreated Control Group Design with Dependent Pretest and Posttest Samples. Subjek penelitian ialah siswa kelas X SMK Kehutanan Negeri Makassar. Siswa kelas X-A menjadi kelompok eksperimen, dan siswa kelas X-B menjadi kelompok kontrol. Cara analisis data menggunakan analisis kovarian (ANACOVA). Hasil perhitungan statistika diperoleh nilai F=0,988 dengan nilai probabilitas 0,324 (p>0,05). Hasil penelitian menunjukkan tidak ada pengaruh metode belajar mind mapping terhadap prestasi belajar mata pelajaran dendrologi, setelah mengontrol inteligensi siswa secara statistik.

Learning achievement of dendrology subjects for students of class X SMK Kehutanan Negeri Makassar is less good. The dendrology emphasizes cognitive aspects to understanding by means of rote-related and retrieve thinking about trees. Thus, it is necessary that relevant learning methods are considered to improve learning achievement, in this case, mind mapping learning method. On the other hand, theoretically the intelligence factor affects learning achievement with a large portion, so this aspect needs to be controlled statistically. This experimental research was about to test the effect of mind mapping learning method on dendrology learning achievement with intelligence as covariable. This research used Buzan mind mapping concept, while intelligence measurement uses Intelligenz Structure Test (IST). This research used quasi-experimental research method to design Untreated Control Group Design with Dependent Pretest and Posttest Samples. The subjects of this research are students of class X SMK Kehutanan Negeri Makassar: The students of class X-A became the experimental group, and the students of class X-B became the control group. This research analyzes data using covariance analysis (ANCOVA). The result of statistical calculation shows F= 0.988 with probability value 0.324 (p> .05). The result of this research shows that there was no effect of mind mapping learning method to the dendrology learning achievement, after statistically controlling the intelligence of the student.

Kata Kunci : prestasi belajar, metode belajar mind mapping, inteligensi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.