Laporkan Masalah

Perbedaan Prestasi Belajar Matematika antara Pembelajaran Multimedia iPad for Learning dan Media Pembelajaran Konvensional

TSURAYYA SYARIF ZAIN, Prof.Dr.Saifuddin Azwar, M.A

2018 | Tesis | S2 Psikologi

iPad for learning merupakan media pembelajaran digital berbasis tablet computing yang terintegrasi dengan sistem pembelajaran di sekolah. Pembelajaran multimedia iPad dapat menunjang siswa dalam pemahaman maupun hasil belajar matematika siswa yang lebih baik. Penggunaan tekonologi digital di kelas secara keseluruhan dapat meningkatkan prestasi akademis siswa, khususnya prestasi belajar matematika. Penelitian ini menyertakan jenis kelamin sebagai moderator serta kecerdasan dan motivasi belajar sebagai kovariabel dari prestasi belajar. Disain penelitian ini adalah kausal-komparatif dengan membandingkan prestasi belajar matematika antara pembelajaran dengan media iPad dan media konvensional. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar antara pembelajaran multimedia iPad for learning dan media pembelajaran konvensional (F=48,698, p<0,05). Siswa yang menggunakan media iPad rata-rata memiliki prestasi belajar matematika yang lebih tinggi daripada siswa dengan media pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini terbukti interaksi antara jenis kelamin dan media pembelajaran pada prestasi belajar matematika cenderung rendah (F=0,318, p>0,05).

One of digital learning media based tablet computing that integrated in school learning system is iPad for learning. iPad multimedia learning shall supports students in better understanding as well as students� mathematics learning outcomes. The use of digital technology in classroom as a whole could improve students� learning achievement, especially mathematics academic achievement. This research includes gender as moderator as well as the intelligence and motivation of learning as covariance of learning achievement. This research design is causal-comparative by comparing mathematics learning achievement between learning with iPad and conventional media. The result shows that there are differences in learning achievement between multimedia learning iPad for Learning and conventional learning media (F=48,698, p<0,05). Students who use iPad media have an average mathematics learning achievement higher than student in conventional learning media. In this research, interaction between genders and learning media on mathematic learning achievement proved to be low (F=0,318, p>0,05).

Kata Kunci : iPad for learning, digital learning, prestasi belajar matematika


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.