PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK MIE INSTAN BERORIENTASI KESEHATAN (STUDI DI UD VALMAY MIE, YOGYAKARTA)
NATASHA BEATRICE S, Prof.Dr.Ir.Mochammad Maksum, M.Sc; Dr.Wagiman,STP., M.Si
2018 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIANIndustri makanan dan minuman merupakan industri yang strategis untuk dikembangkan. Berdasarkan data dari Kementrian Perindustrian, rata-rata per tahun industri makanan dan minuman tumbuh 9,5%. Untuk dapat memenangkan persaingan atau paling tidak bertahan di pasar maka suatu perusahaan harus menetapkan strategi pemasaran. UD Valmay Mie adalah industri yang menghasilkan mie instan organik dengan brand name "Alamie". Kendala yang dihadapi industri ini terutama dalam hal pemasaran yaitu pemasaran yang belum merata ke seluruh wilayah di Indonesia. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi UD Valmay Mie dapat bersaing di pasaran. . Analisis SWOT sebagai dibutuhkan sebagai dasar untuk dapat merencanakan strategi pemasaran. Penelitian ini diawali dengan melakukan kuesioner pendahuluan. Kuesioner pendahuluan ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen, persepsi konsumen, harapan produk, dan tingkat kepentingan atribut mutu. Penyebaran kuesioener ini menggunakan metode stratified random sampling dengan jumlah responden 100 orang. Responden dari kuesioner ini adalah masyarkat D.I Yogyakarta. Setelah itu dilakukan wawancara dengan pemilik UD Valmay Mie untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan data-data yang telah dikumpukan sehingga menghasilkan faktor internal yaitu kekuatan dan kelemahan dan faktor eksternal yaitu peluang dan ancaman. Faktor internal dan eksternal ini dikuantifikasi dengan menggunakan kuesioner penilaian matriks IFAS dan EFAS. Kuesioner ini disebarkan kepada pihak internal industri yaitu pemilik, karyawan dan agen yang berjumlah 21 orang Tahapan selanjutnya adalah analisis SWOT. Dengan analisis SWOT ini disusun rencana strategi yang tepat untuk pemasaran UD Valmay Mie sehingga industri dapat memaksimalkan kekuatan dan peluang serta meminimalkan kelemahan dan ancaman. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, diketahui jika UD Valmay Mie memiliki 9 faktor kekuatan, 6 faktor kelemahan, 7 faktor peluang dan 2 faktor ancaman dengan nilai skor total internal 2,847 dan total skor eksternal 3,125. Grand strategy yang dapat dilakukan industri adalah meningkatkan brand awarness dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, menambah agen (distributor), dan lebih menonjolkan kekuatan alamie sebagai mie instan sehat yang bebas pengawet buatan dan MSG yang disebarkan melalui iklan maupun saat mengikuti pameran.
The food and beverage industry is a developing industry in Indonesia. . Based on data from the Ministry of Industry, food and beverage industry grew 9.5% per year. In order to win the competition or at least survive in the market then a company must establish marketing strategy. UD Valmay Mie is an industry that produces organic instant noodle with brand name "Alamie. There are obstacles faced by this industry such as lack of distribution of marketing in Indonesia. This is a challenge for UD Valmay Mie to compete in the market. SWOT analysis is required as a basis to plan marketing strategy. This study began with a preliminary questionnaire. This preliminary questionnaire aims to identify consumer characteristics, consumer perceptions, product expectations, and the level of importance of quality attributes. The distribution of this questionnaire used stratified random sampling method, with total of 100 respondents. These respondents are the people of D.I Yogyakarta. Then, conducted interview with the owner of UD Valmay Mie to identify and classify the data that has been collected so it could generate internal factors about strengths and weaknesses and external factors of opportunities and threats. Internal and external factor is quantified by using matrix scoring questionnaire IFAS dan EFAS. These questionnaires distributed to owner, other employees and agents of the company. The total of participant is 21 participants. The next step is SWOT analysis. With this SWOT analysis, a well-designed strategic plan for UD Valmay Mie marketing is being developed so that the industry can maximize its strengths and opportunities and minimize weaknesses and threats. Based on the results of this research, it is known that UD Valmay Mie has 9 strength factors, 6 factors of weakness, 7 opportunity factors and 2 threat factors with an internal total score of 2,847 and total external score 3,125. Grand strategy that can be done by the industry is to increase brand awareness by utilizing information and communication technology, increase agent (distributor), and highlighting the strength as a healthy instant noodle which is free of artificial preservatives and MSG through advertisement as well as during event.
Kata Kunci : mie instan Alamie, pemasaran, analisis SWOT/Instant Noodle Alamie, Marketing, SWOT Analysis