Analisis Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Yoghurt Drink di Kota Yogyakarta
AGUSTINA GRESIANI A, Prof. Dr. Ir. Mochammad Maksum, M.Sc; Darmawan Ari Nugroho, STP,MP
2018 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIANYoghurt merupakan produk yang diperoleh dari fermentasi susu dengan menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus.Jenis yoghurt yang paling menguntungkan dengan potensi pertumbuhan tertinggi dan pangsa pasar yang cukup besar ialah produk yoghurt drink. Banyaknya ragam dan jumlah produk minuman ready to drink yang beredar di pasar menyebabkan adanya pertimbangkan bagi konsumen sebelum melakukan keputusan pembelian suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan karakteristik konsumen yoghurt drink, mengidentifikasi proses keputusan pembelian produk yoghurt drink, serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian produk yoghurt drink di Kota Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan cara survei terhadap 200 responden produk yoghurt drink di Kota Yogyakarta. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui karakteristik konsumen dan proses keputusan pembelian konsumen produk yoghurt drink. Sedangkan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk yoghurt drink digunakan metode analisis faktor. Hasil dari penelitian ini ialah terdapat lima faktor yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian produk yoghurt drink, yaitu faktor nilai guna, faktor harga dan tempat penjualan, faktor sosial, faktor promosi, dan faktor rasa. Faktor yang paling mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian yoghurt drink ialah faktor nilai guna, yang terdiri dari variabel pengetahuan, minat, kandungan gizi, gaya hidup, kebiasaan, manfaat kesehatan pencernaan, dan persepsi.
Yoghurt is a product obtained from fermented milk using the bacteria Lactobacillus bulgaricus and Streptococcus thermophilus. The most profitable type of yoghurt with the highest growth potential and considerable market share is the yogurt drink product. The large variety and quantity of ready to drink products that circulate in the market cause consideration for consumers before making a purchase decision of a product. This study aims to describe the characteristics of yoghurt drink consumers, to identify the purchasing decision process of yoghurt drink products, and to know the factors that influence consumers in purchasing decision of yogurt drink product in Yogyakarta. This research was conducted bysurveying 200 respondents of yoghurt drink product in Yogyakarta. Purposive sampling was used as sampling technique. Descriptive analysis was used to determine consumer characteristics and consumer purchasing decision process of yoghurt drink products. Factor analysis method was used to know the factors that influence purchasing decision of yoghurt drink product. There are five factors influencing the consumer in purchasing decision of yoghurt drink product. Those factors are value factor, price factor and place of sale, social factor, promotion factor, and taste factor. The most influencing factor is value factor, which consists of knowledge, interest, nutrition, lifestyle, habit, digestion health, and perception.
Kata Kunci : Yoghurt drink, keputusan pembelian, analisis faktor