Penilaian Fasilitas Pejalan Kaki Di Jalan Malioboro Yogyakarta
TUHFA MUKHTARO A, Nursyamsu Hidayat, ST., MT., Ph.D
2018 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK SIPIL SVTransportasi merupakan salah satu bagian terpenting dalam kehidupan manusia dimana transportasi sendiri adalah suatu kegiatan perpindahan dari satu tempat ke tempat yang lain dengan menggunakan alat pengangkutan, baik itu yang digerakkan oleh manusia, hewan atau bahkan mesin. Perkembangan transportasi saat ini juga mengalamipeningkatan yang sangat pesat, seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk serta berkembangnya daerah-daerah baru. Keberadaan trotoar yang aman dan nyaman merupakan salah satu faktor daya tarik bagi pejalan kaki. Salah satu ruas jalan yang pemanfaatan trotoarnya kurang optimal adalah Jalan Malioboro yang merupakan jalur padat kendaraan karena merupakan tempat wisata. Jalan Malioboro sangat ramai oleh aktifitas perdagangan baik pada siang maupun malam hari. Terjadinya disfungsi trotoar yang didominasi oleh PKL dan digunakan sebagai tempat parkir kendaraan bermotor. Penelitian ini terpusat di Jalan Malioboro dan difokuskan kepada sejauh mana tingkat kinerja pelayanan fasilitas pejalan kaki berupa trotoar di Jalan Malioboro Yogyakarta dan fasilitas penyebrang jalan yang sesuai. Metodologi yang digunakan dalam penelitian adalah metode analisis faktor. Data didapat dengan menyebarkan formulir kuesioner selama 2 minggu dengan jumlah 200 responden. Jumlah variabel yang diteliti sebanyak 24 variabel yang bisa dianalisis lebih lanjut. Data yang diperoleh dari responden diolah dengan menggunakan SPSS 16.0 For Windows. Hasil penelitiaan ini menunjukkan bahwa Pelaku pergerakan di trotoar Jalan Malioboro didominasi oleh kaum perempuan dengan usia 17-30 tahun. Pejalan kaki yang menggunakan trotoar Jalan Malioboro merupakan mayoritas seorang mahasiswa/i. Sebagian besar pejalan kaki telah menempuh pendidikan terakhir SLTA/SMA. Aktivitas responden kebanyakan berjalan dalam kelompok dengan jumlah > 3 orang. Berdasarkan 24 variabel yang dianalisis dengan metode analisis faktor yang mempengaruhi keputusan responden. Faktor-faktor tersebut terdiri dari 8 faktor yaitu faktor kemudahan berjalan dengan nilai eigenvalues 5,091 faktor keamanan dengan nilai eigenvalues 2,168, faktor kualitas pedagang kaki lima dengan nilai eigenvalues 1,488, faktor kenyamanan dengan nilai eigenvalues 1,433, faktor kondisi dengan eigenvalues 1,257, faktor fasilitas dengan nilai eigenvalues 1,161, faktor pelayanan transportasi dengan nilai eigenvalues 1,101, faktor keselamatan dengan nilai eigenvalues 1,038.
Transportation is one of the most important parts of human life where the transport itself is an activity of moving from one place to another by means of transportation, whether it is driven by humans, animals or even machines. The current development of transportation is also experiencing rapid growth, along with population growth as well as the development of new areas. The existence of safe and comfortable sidewalks is one of the factors of attraction for pedestrians. One of the road segments that use the sidewalk is less than optimal is Malioboro Street which is a solid line of vehicles because it is a tourist place. Malioboro street is very crowded by trading activities both during the day and night. The occurrence of sidewalk dysfunction is dominated by street vendors and used as a vehicle parking lot. The study is centered on Malioboro street and focused on the extent to which the level of service performance of pedestrian facilities in the form of sidewalks on Malioboro Street Yogyakarta and appropriate pedestrian facilities The methodology used in this research is the factor analysis method. The data can be disseminate the questionnaires form for two weeks with a frequency of 200 respondents. The number of variables studied are 24 variables that can be analyzed further. The data obtained from the respondents processed using SPSS 16.0 For Windows. The results of this analysis that Printing movement on the sidewalk Malioboro Street is dominated by women aged 17-30 years. Pedestrians who use the sidewalk Malioboro Street is the majority of a student / i. Most of the pedestrians have gone through high school education. The activities of the respondents mostly run in groups of > 3 people. Based on 24 variables analyzed by factor analysis method that influenced the decision of respondent. These factors consist of 8 factors: easing factor with eigenvalues 5,091, security factor with eigenvalues 2,168, quality factor of merchant with eigenvalues 1.488, comfort factor with eigenvalues 1.433, condition factor with eigenvalues 1.257, facility factor with eigenvalues 1,161, transportation service factor with eigenvalues 1,101, interest factor with eigenvalues 1.038.
Kata Kunci : Trotoar, Pejalan Kaki, Fasilitas Pejalan Kaki.