Analisis Strategi Inbound Marketing pada Produk eCampuz PT Gamatechno Indonesia
GITA MULYAWICAKSANA, Dra. Neni Pancawati, M.Si. ; Drs. Mohammad Halimi, M.M.
2018 | Tugas Akhir | D3 MANAJEMEN SVPerkembangan internet di Indonesia semakin hari semakin meningkat setiap tahunnya baik dari sisi pengguna, penyedia layanan, kebiasaan masyarakat, hingga tujuan penggunaannya. Mayoritas perusahaan di Indonesia mulai menggunakan internet sebagai salah satu jalur pemasarannya. Namun, penggunaan internet tidak bisa dilakukan sembarangan. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk menjalankan pemasaran via internet adalah strategi inbound marketing. Inbound marketing berfokus untuk membuat calon pelanggan secara sukarela mendatangi produk tanpa membuat mereka terganggu. Kunci dari keberhasilan strategi inbound marketing adalah pembuatan konten yang tepat sasaran. Semakin menarik konten yang dibuat, maka semakin besar pula keberhasilan strategi ini. Strategi inbound marketing selaras dengan perkembangan teknologi sekarang ini karna mayoritas dilakukan dengan media digital. eCampuz sebagai salah satu produk dari perusahaan TI yaitu PT Gamatechno Indonesia, merupakan sistem informasi berbasis cloud untuk mengelola administrasi perguruan tinggi. Target eCampuz adalah perguruan tinggi menengah kebawah di Indonesia dan eCampuz memposisikan dirinya sebagai sistem informasi pengelolaan administrasi perguruan tinggi versi cloud yang mudah, hemat, dan lengkap. eCampuz menggunakan inbound marketing sebagai salah satu strategi pemasaran untuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan biaya yang lebih minim. Strategi inbound marketing eCampuz dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu attract, convert, close, dan delight. Pada tahap attract eCampuz menggunakan blog sebagai media utama dan didukun oleh 3 kanal digital yaitu Facebook Ads, Google Adword, dan email blast. Kemudian pada tahap convert, eCampuz menggunakan landing page yang selanjutnya diarahkan untuk mengisi formulir online. Data yang didapat dari formulir online akan ditindaklanjuti oleh Account Manager hingga terjadi pembelian, tahap ini disebut close. Kemudian akan dibuatkan grup chatting untuk selalu menjaga komunikasi dengan konsumen pada tahap delight. Konsumen juga diperbolehkan untuk menjadi reseller produk eCampuz agar konsumen tertarik menjadi promoters.
The development of internet in Indonesia increased everyday from many sides such as users, providers, community habits, until the purposes. Many of companies in Indonesia start to use internet as one of its marketing channels. But, the use of internet can not be done carelessly. One of strategy that can be used to run internet marketing is inbound marketing. Inbound marketing focuses on getting potential customers to voluntarily visit the product without getting distracted. The key of successful inbound marketing strategy is content making. The more interesting content, the more opportunity to success. Inbound marketing strategy is aligned with current technological developments because almost all the activity is doing on internet. eCampuz, as one of the products of IT company that is PT Gamatechno Indonesia, is a cloud-based information system to manage the administration of universities. The target of eCampuz is lower and middle universities in Indonesia and eCampuz positioned itself as an easy, efficient, and complete cloud-based management administration information system eCampuz uses inbound marketing as one of the marketing strategies to reach a wider market with less cost. eCampuz’ inbound marketing strategy is implemented in 4 stages: attract, convert, close, and delight. At the attract stage, eCampuz uses blog as the main media and is supported by 3 digital channels there are Facebook Ads, Google Adword, and email blast. Then at the convert stage, eCampuz uses landing page, then it will direct to fill out the online form The data that is obtained from the online form will be use by the Account Manager to contact it until the purchase occurs, this stage is called close. Then a group chat will be made to always keep the communication with consumers at the stage of delight. Consumers are also allowed to be eCampuz resellers to attract consumers to promote the product.
Kata Kunci : inbound marketing, eCampuz, attract, convert, close, delight