Laporkan Masalah

METAFORA DALAM LIRIK LAGU POP MINANG (STUDI KASUS PADA LAGU-LAGU RAYOLA)

NASRUL, Prof. Dr. I Dewa Putu Wijana, S.U., M.A.

2018 | Tesis | S2 Ilmu Linguistik

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan metafora yang terdapat dalam lirik lagu Rayola. Penelitian ini menggunakan sumber data yang terdapat dalam lirik lagu Rayola terdiri dari empat album dengan lirik lagu berbahasa Minang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk metafora berdasarkan sintaksisnya, (2) mendeskripsikan ranah sumber metafora, (3) mendeskripsikan ranah target metafora serta keterkaitan antara ranah sumber dan ranah target metafora, dan (4) mendeskripsikan fungsi metafora yang terdapat pada lirik lagu Rayola. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, menggunakan teori metafora (Lakoff dan Johnson, 1980), hierarki Haley (1980), serta Stefanowitsch (2005). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan metode dan teknik penelitian yang diutarakan oleh Sudaryanto (1988 & 1993) yang dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap penyediaan data, tahap analisis data, dan tahap penyajian hasil analisis data. Penelitian ini menemukan (1) terdapat tiga bentuk metafora berdasarkan sintaksisnya yaitu metafora nominatif, metafora predikatif, dan metafora kalimat. (2) Ranah sumber yang digunakan adalah ranah sumber benda-benda kosmos, ranah sumber permukaan bumi, ranah sumber benda mati, ranah sumber kehidupan, ranah sumber binatang, dan ranah sumber aktivitas. (3) Ranah target metafora yang terdapat dalam lirik lagu Rayola yaitu cinta, laki-laki, wanita, perceraian, rindu, tempat yang jauh, kekayaan, pengantin laki-laki, keburukan. (4) Fungsi metafora yang digunakan dalam lirik lagu Rayola adalah untuk mengonkretkan pengalaman manusia, menciptakan ruang imajinasi, memperhalus bahasa, sarana untuk mencapai efek estetis, menarik perhatian, pengulangan untuk memperindah nada, dan agar enak didengar. Beberapa faktor yang mempengaruhi munculnya metafora adalah faktor kesopanan, faktor estetis, dan faktor budaya.

The research aims at describing metaphors in lyric of Rayola's songs. It uses source of data that exists in lyric of Rayola's song consisted of four albums with song lyric using Minang Language. It aims at (1) describing form of metaphor based on its syntactical aspect, (2) describing domain source of metaphor, (3) describing target domain of metaphor with its relation between source domain and target domain of metaphor and (4) describing function of metaphor in lyric of Rayola's song. In achieving the goal of research, it uses metaphor theory (Lakoff and Johnson, 1980), Haley's hierarchy (1980) and Stefanowitsch (2005). It uses qualitative research based on descriptive approach by using method and technique of research stated by Sudaryanto (1988 & 1993) which is divided into three stages, that is, stage of collecting data, stage of data analysis and stage of presenting result of data analysis. The results, show that (1) there are three forms of metaphor based on its syntactical aspect, that is, nominative metaphor, predicative metaphor, and sentence metaphor. (2) Target domain which is used is source domain of cosmological being, source domain of earth surface, source domain of being, source domain of life, source domain of animal, and source domain of activity. (3) Target domain of metaphor used in lyric of Rayola's song is a love, man, woman, divorce, missing, far place, wealth, bride, and bad things. (4) The function of metaphor used in lyric of Rayola's song is to concretize the experience of human being, to refine the language, to create sphere of imagination, to achieve esthetical effect, to make interested, to beautify the tone, and make it good to listen. Several factors affecting in producing metaphor are a kindness, an esthetical aspect and a cultural consideration.

Kata Kunci : metafora, lirik lagu, Rayola, ranah sumber dan ranah target, Minangkabau


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.