Laporkan Masalah

Adaptasi dan Kegiatan Siswa di Sekolah Terhadap Prestasi Akademik di SMA Negeri 4 Yogyakarta

VIDYA AYU SUSILONINGTYAS, Prof. Dr. Partini, S.U

2017 | Skripsi | S1 SOSIOLOGI

Dalam sebuah pendidikan, adanya struktur yang saling berhubungan untuk mencapai sebuah tujuan. Sistem pendidikan dibentuk untuk mendidik para penerus generasi menjadi lebih baik dan memajukan negara. Daerah Istimewa Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar dan hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat sebagai tempat untuk menuntut ilmu. Berkembangnya dunia pendidikan di Yogyakarta sekarang ini dengan munculnya sekolah yang menyelenggarakan pendidikan khusus dan Bakat Istimewa dibidang sains, seni, dan olahraga. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Yogyakarta karena sekolah ini salah satu SMA di kota Yogyakarta yang memiliki kelas khusus dan bakat istimera di bidang olahraga. SMA Negeri 4 Yogyakarta merupakan sekolah heterogen yang memiliki Kelas Reguler dan Kelas Khusus Olahraga (KKO). Metode penelitian ini dilaksanakan secara kuantitif dengan menyebarkan 120 kuesioner di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Sampel ini diambil melalui teknik proportional random sampling. Apabila data yang diinginkan telah tercapai selanjutnya akan diklasifikasikan sesuai kategori yang ditentukan oleh peneliti. Tujuannya untuk melihat hubungan dan pengaruh prestasi akademik siswa sebagai dependent variable dengan independent variable maupun intervening variable yang mempengaruhinya. Analisis data dilakukan menggunakan cross tabulation dan correlation dengan melihat hubungan data statistik secara kumulatif. Hasil penelitian ini, dikaitkan dengan prestasi akademik siswa SMA Negeri 4 Yogyakarta yang merupakan wilayah heterogen. Agar siswa dapat berjalan baik dalam sebuah pendidikan, dibutuhkan penyesuaian diri (adaptation) menunjukkan kemampuan individu untuk beraksi secara efektif dan bermanfaat terhadap realitas sosial terumata di sekolah. Dalam upaya adaptasi dapat dengan dua cara interaksi dengan anggota sekolah dan berpartisipasi dalam kegiatan internal maupun eksternal/ekstra sekolah. Kasus yang terjadi di SMA Negeri 4 Yogyakarta ini salah satunya adalah pada prestasi akademik siswa. Prestasi akademik Kelas Khusus Olahraga rata-rata di bawah Kelas Reguler. Tujuan dibentuknya Kelas Khusus Olahraga adalah untuk menyeimbangkan prestasi akademik dan non-akademik. Namun, dalam penelitian ini adaptasi dan kegiatan siswa di sekolah tidak ada hubungan yang signifikan melainkan ada faktor lain yang lebih dominan dalam mempengaruhi prestasi akademik siswa. Adanya faktor minat siswa bersekolah, berinteraksi/bersosialisasi, keluarga, dan pemikiran siswa lah yang sangat dominan dalam mendapatkan prestasi akademik.

In an education, existing structures cooperate to achieve a goal. The educational system was established to educate the next generation successors be better and can developing the country. Special Region of Yogyakarta known as the city of as a place to study with youth from various backgrounds in Yogyakarta. The education development in Yogyakarta nowadays can be known with appearance of school for special talents in science, art, and sports. This research was conducted in SMA Negeri 4 Yogyakarta because this school is one of high school in Yogyakarta city which has special class for student with special talent in sports. SMA Negeri 4 Yogyakarta is a heterogeneous school which conducted from Regular Class and Sports Special Class. This research method is carried out quantitatively by disseminating 120 questionnaires for students in SMA Negeri 4 Yogyakarta. This sample is taken by proportional random sampling technique. If the desired data already obtained, then it will be classified according to category determined by the researchers. The goal is to see relationship and influence of students academic achievement as dependent variable with independent variable and intervening variable that influence it. Data analysis was done by using cross tabulation and regression by looking at the relationship and influence of cumulative statistical data. This research is equipped with students academic achievement of SMA Negeri 4 Yogyakarta which is heterogeneous. In order to make students to work well in a study, adaptation is necessary to demonstrate individual's ability to act effectively and beneficially toward social reality environment, especially at school. There are two ways of adaptations including interact with school members and participate in internal and external/extra school activities. Cases that occur in SMA Negeri 4 Yogyakarta is on student academic achievement. Average Academic Sports Class Achievement under Regular Class. The purpose of the establishment of a Special Sport Class is to balance academic and non academic achievement. However, in this study adaptation and activities of students in school there is no significant relationship but another factors that are more dominant in influencing student academic achievement. The existence of interest factors of students in school, interact / socialize, family, and students' thinking is very dominant in obtaining academic achievement.

Kata Kunci : Adaptasi Siswa, Penyesuaan diri, Kegiatan Siswa di Sekolah, Pretasi Akademik / Student Adaptation, Adjustment, Student Activity at School, Academic Achievement

  1. S1-2017-347902-abstract.pdf  
  2. S1-2017-347902-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-347902-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2017-347902-title.pdf