STRATEGI PERSONAL SELLING INDIHOME PADA PT TELKOM YOGYAKARTA
AKBAR ARYA NUGROHO, Dra. Neni Pancawati, M.Si.
2018 | Tugas Akhir | D3 MANAJEMEN SVPenelitian ini dilakukan di PT Telkom Yogyakarta yang dilaksanakan pada bulan Desember 2017. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi promosi yaitu personal selling yang dilakukan tenaga penjual pada PT Telkom Yogyakarta dalam menjual produk IndiHome. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang didapatkan dari hasil observasi, wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan data yang telah dianalisis menunjukkan bahwa proses personal selling pada PT Telkom dalam menjual produk IndiHome dilakukan dengan enam tahap yaitu mencari dan mengkualifikasi pelanggan, pendekatan pendahuluan, presentasi dan peragaan, mengatasi keberatan, menutup penjualan serta tindak lanjut dan pemeliharaan. Disetiap tahap personal selling yang dilakukan tenaga penjual PT Telkom sudah cukup baik.
This research was a applied in PT Telkom Yogyakarta, 29th December 2017. The purpose of this research is to know the promotion strategy that is personal selling done by the salesman at PT Telkom Yogyakarta in selling IndiHome product. The type of this research is descriptive qualitative. The data used in this study are primary data and secondary data obtained from the observation, interview and literature study. Based on data that has been analyzed shows that the process of personal selling to PT Telkom in selling IndiHome products is done with six stages of finding and qualifying customers, preliminary approach, presentation and demonstration, overcoming objections, closing sales and follow-up and maintenance. Each stage of personal selling done by salespeople of PT Telkom is quite good
Kata Kunci : Personal Selling, Strategi Personal Selling, Tahapan Personal Selling/Personal Selling, Personal Selling Strategy, Steps of Personal Selling