NUMERICAL SIMULATION FOR INSTALLATION OF JACKET FOUNDATION OF EXPORT COMPRESSOR PLATFORM LNG REGASIFICATION TERMINAL MELAKA
RAHARDIAN GUSTA PATRIA, Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES., DEA
2018 | Skripsi | S1 TEKNIK SIPILABSTRAK Terminal Regas Sungai Udang Baharudin (RGTSU) memiliki dan mengoperasikan Terminal Regasifikasi LNG pertama di Melaka. RGTSU memasang dua unit Export Compressor Package (ECP) untuk memampatkan Boil Off Gas dan kompres gas langsung ke penggunaan gas semen (PGU). Struktur jacket baru dibangun untuk mendukung platform baru tersebut. Kontribusi besar untuk biaya proyek overal dari terminal gas lepas pantai berasal dari transportasi dan pemasangan substruktur. Penting untuk dianalisis di mana negara laut instalasi dapat dilakukan dengan aman. Analisis pengangkatan dilakukan dengan menggunakan program komputer, SACS. Untuk menganilisis tumpahan lepas pantai yang dilakukan dari kapal, fokusnya sering disiapkan untuk mempersiapkan model yang baik dari objek angkat utama, gerakan kapal (RAO), karakteristik crane ditambah karakteristik keadaan laut. Biasanya, keadaan laut tidak teratur digunakan saat menganalisis lift di laut. Respon gerak untuk kapal diperoleh dari MOSES Motion. Model analisis dinamik yang terdiri dari jaket kapal yang diangkat pada kapal crane, diimplementasikan di OrcaFlex untuk mendapatkan faktor amplifikasi dinamis yang kemudian diaplikasikan ke model statis. Simulasi domain waktu jaket penurun dilakukan dengan tongkang kargo yang dimodifikasi, TATHONG 818. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa struktur jaket memiliki kapasitas yang cukup untuk semua kondisi disain. Unity Check maksimum yaitu 0,224 (terletak pada member 303-303L). Sedangkan untuk Joint Punch Shear menunjukkan bahwa joint yang paling kritis sebesar 0,504. Hal ini juga berada di bawah batas 1,0.
ABSTRACT Regas Terminal Sungai Udang Baharudin (RGTSU) owns and operates the first LNG Regasification Terminal in Melaka. RGTSU intended to install two units of Export Compressor Package (ECP) to compress Boil Off Gas and compress gas directly to peninsular gas utilization (PGU). A new structural jacket built to support those new platforms. A large contribution to the overal project costs of an offshore gas terminal originates from transport and installation of substructures. A lifting analysis is performed using computer program, SACS. In order to analyze a lift offshore performed from a vessel, focus often put on preparing good model of the main lifted object, vessel motion (RAOs), plus sea state characteristic. An irregular sea state is used when analyzing lifts at sea. Motion response for vessel is obtained from MOSES Motion. Dynamic analysis model consisting of vessel jacket lifted on crane vessel, is implemented in OrcaFlex to obtain DAF value which is applied into static model. Each time domain simulations of the lowering jacket carried out for 500 seconds with environmental loading from 5 degrees of direction (0°, 45°, 90°, 135°, 180°) The result reveals that the jacket structure has sufficient capacity to all design conditions. The maximum UC member is 0.224 (located on member 303-303L). While the joint punch shear checking showing that the most critical joint is 0.504 (under limit state 1.0). It shows that maximum deformation is along member 102L -104L with 0.693 cm.
Kata Kunci : DAF value, LNG Regas terminal, MOSES, OrcaFlex, SACS, time domain.