Ideologi Mimpi Amerika (American Dream) dalam Film Animasi (Analisis Wacana Kritis Film Zootopia karya Disney)
LAKSAMANA SHANAHAN M, Dr. Budi Irawanto, S.I.P., M.A.; Drs.Budhy K.Zaman, M.Si; Adam W. Sukarno, S.IP., M.A
2018 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASIMimpi Amerika adalah konsep ideologi etos nasional Amerika Serikat, yang berupa cita-cita (individualis, kebebasan, kesempatan dan persamaan) di mana mencakup kesempatan untuk mencapai kemakmuran dan kesuksesan. Orang-orang dari seluruh dunia datang ke Amerika Serikat dengan satu mimpi, yaitu memperoleh Mimpi Amerika di Tanah Kesempatan. Namun dinamika sosial Amerika membuat Mimpi Amerika mengalami kritis dari tahun ke tahun. Kondisi sosiopolitik pada masa pemilihan presiden Amerika 2016 mengakibat ideologi Mimpi Amerika melemah. Di saat yang sama, Disney merilis film animasi Zootopia (2016) dengan mengusung tema besar Mimpi Amerika melalui film animasi antropomorfis. Penelitian ini mempertanyakan wacana Mimpi Amerika yang dimunculkan melalui film animasi pada masa pemilihan presiden Amerika 2016. Berdasarkan analisa melalui pendekatan analisis wacana kritis Fairclough, ideologi Mimpi Amerika dalam film animasi Zootopia dikategorisasikan ke dalam tiga wacana: nilai individualis Amerika, perspektif tanah kesempatan, dan kesetaraan rasial. Ketiga wacana ini memiliki kaitan dengan konteks pemilihan presiden Amerika tahun 2016. Pengunaan pendekatan multi dimensi Fairclough menunjukkan relasi yang terbangun oleh teks mulai dari tingkatan makna teks, interaksional produksi dengan konteks sosial terkait Mimpi Amerika di masa pemilihan presiden Amerika 2016. Penelitian ini menunjukkan terdapat propaganda berupa peran Zootopia untuk melawan kemunduran Mimpi Amerika yang sedang diprakarsai oleh kaum konservatif yang menggunakan rasisme, seperti yang dilakukan oleh Trump. Wacana propaganda yang dimunculkan menunjukkan Disney kembali menjaga citra Amerika untuk menutupi kemerosotan akibat krisis sosial-politik di masa pemilihan presiden 2016.
The American dream is the ideology of the national ethos of the United States, which is an ideal (individualism, freedom, opportunity and equality) that includes the opportunity to achieve prosperity and success. People from all over the world come to the United States with one dream, that is, to gain American Dreams in the Land of Opportunity. However, the American social dynamics make American Dreams suffer from year to year crisis. The socio-political conditions of the 2016 US presidential election resulted in the decline of the American Dream. At the same time, Disney released the animated film Zootopia (2016) with a big theme of American Dream through animated anthropomorphic film. This study questioned the discourse of American Dreams that appear through animated films during the 2016 presidential election of America. Based on the analysis through Fairclough's critical discourse analysis approach, the ideology of American Dreams in Zootopia animated films is categorized into three discourses: American individualist values, Land of Opportunity perspectives, and racial equality. These three discourses relate to the context of the 2016 US presidential election. The use of the multi-dimensional approach of Fairclough shows the relations constructed by the text from the level of meaning of the text, the interactional of production to the social context of the American Dream in the 2016 US presidential election. This study shows there is propaganda in the form of Zootopia's role to fight the decline of the American Dream being initiated by conservatives who use racism, as Trump did. The propaganda discourse shows Disney re-keeping America's image to cover the slump due to the socio-political crisis of 2016 presidential elections.
Kata Kunci : Analisis Wacana Kritis, Mimpi Amerika, Animasi Disney, Film Propaganda