Laporkan Masalah

Penamaan Produk Jamu

RATNO HERMANTO, Dr. Suhandano, M.A

2018 | Skripsi | S1 SASTRA INDONESIA

Nama memiliki peran sentral dalam masyarakat bahasa. Sebagai praktik kebahasaan, nama selalu berkaitan dengan penciptaan identitas dan dapat memberikan gambaran atas sosial kultural suatu masyarakat. Bagi sebuah perusahaan, penamaan produk adalah bagian dari strategi pemertahanan. Penelitian ini menguraikan fenomena penggunaan bahasa dalam penamaan produk jamu. Data yang disajikan berasal dari pengamatan terhadap nama-nama produk jamu yang terdapat dalam situs resmi perusahaan jamu, situs penjualan jamu secara online, dan beberapa produk yang terdapat di warung jamu. Data yang terkumpul kemudian diklasifikasikan menurut bahasa sumber yang digunakan, satuan kebahasaan, dan unsur penyusunnya. Fokus penelitian ini terletak pada karakteristik penamaan produk jamu, yakni pemilihan bahasa sumber dan unsur penyusun nama yang kemudian menciptakan struktur penamaan. Analisis data mengungkapkan bahwa struktur penamaan yang terbentuk dari penggunaan unsur penyusun nama produk jamu tampaknya tidak memiliki pola yang pasti. Terdapat keragaman pilihan penggunaan bahasa sumber pada nama produk jamu. Hal ini secara keseluruhan menempatkan produk jamu dalam dua posisi, yaitu jamu sebagai produk tradisional dan jamu sebagai produk komoditi. Sebagai produk tradisional, penamaan jamu masih membawa kultur yang hidup di masyarakat, seperti persoalan tentang konvensi tubuh dan wilayah kultural. Sementara sebagai produk komoditi, jamu menyesuaikan diri dengan lingkungan yang terkait pasar. Penyesuaian yang dilakukan memperlihatkan adanya pergeseran nama jamu yang mengarah ke nama medis dan kekaburan identitas produk jamu keseluruhan akibat penamaan itu sendiri.

Name has central role among laguage society. As a language practice, it always refers to creation of identity and represents sociocultural backgrond of a society. For a company, product naming is a part of survival stategy. This research explain the phenomenon of language use for jamu product naming. Data was collected by observing the official jamu company websites, online jamu retail websites, and other products found at local jamu store. Collected data is clasified based on native language, language units, and its constituent elements. This research focused on naming characteristic, including native language choices and consttuent elements which later bring about the naming structure. The result defines that the naming structure which is formed by the use of constituent elements of jamu product name doesn’t show definite pattern. There are various use of native language on jamu products name. Overall, jamu products are place into two positions, jamu as traditional product and jamu as comodity product.as a traditional product, naming of jamu still bring out the culture of society where it lives. As comodity product, jamu adapts market environment. The adaptation shows naming friction close to medical name and indistinct identity of overall jamu product caused by such naming.

Kata Kunci : penamaan, produk jamu, unsur, struktur, bahasa sumber


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.