PERAN KEMAMPUAN BAHASA VERBAL DAN INTENSITAS INTERAKSI DENGAN SAUDARA KANDUNG TERHADAP THEORY OF MI
NUR AZIZAH,
2014 | Tesis |Kesadaran untuk memahami status mental diri sendiri dan orang lain merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki anak-anak usia prasekolah. Kesadaran bahwa orang lain memiliki pikiran, perasaan, dan kondisi-kondisi internal lain yang berbeda dengan dirinya tersebut dikenal dengan istilah theory of mind. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan theory of mind berdasarkan variabel yang diduga menjadi prediktornya, yaitu kemampuan bahasa verbal dan intensitas interaksi dengan saudara kandung. Konsep dasar teori yang digunakan adalah perspektif perkembangan kognitif sosiokultural dari ahli terkemuka Lev Vygotsky. Penelitian dilakukan di tiga sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) di Yogyakarta, dengan subjek sebanyak 52 anak usia 47-69 bulan. Pengukuran yang digunakan adalah tugas false belief, alat tes WPPSI pada sub tes kemampuan bahasa verbal dan Skala “intensitas interaksi anak dengan saudara kandung” yang dibuat oleh peneliti. Batasan usia saudara kandung adalah usia kakak maksimal 12 tahun dan usia adik minimal 1 tahun. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi logistik biner. Pengujian hipotesis melalui Omnibus Tes of Model Coefficient dengan skor Chisquare=2,442 (p>0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak ada korelasi pada keseluruhan model yang diajukan dalam hipotesis ini. Tidak adanya korelasi antara kemampuan bahasa verbal dengan theory of mind pada penelitian ini tidak lepas dari pengaruh latar belakang keluarga, terutama pendidikan Ibu dan adanya pengaruh dari jenis kelamin subjek yang didominasi oleh laki-laki. Intensitas interaksi anak dengan saudara kandung juga tidak mampu memprediksi kemampuan theory of mind. Hal ini diduga adanya pengaruh dari usia saudara kandung dan adanya perbedaan cara berinteraksi anak dengan saudara kandung antara budaya Barat dan Timur, termasuk budaya di Indonesia. Kata kunci: kemampuan bahasa verbal, intensitas interaksi dengan saudara kandung, theory of mind anak usia prasekolah.
Kata Kunci :