METODE MENGGAMBAR-MENCERITAKAN GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS SISWA KELAS 4
ERMA KUMALA SARI,
2011 | Tesis |Sains merupakan mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) SD/MI sehingga prestasi belajar dalam mata pelajaran tersebut ikut menentukan kelulusan siswa. Materi sains saat UASBN diambil dari materi kelas 4-6, sehingga prestasi belajar sains siswa kelas 4 perlu mendapat perhatian. Namun pada kenyataannya, berdasarkan data nilai kelas 4 di SDN “X” Yogyakarta, nilai rata-rata mata pelajaran sains berada pada urutan ke 9 dari 11 mata pelajaran lainnya. Selain itu, nilai rata-rata mata pelajaran sains tersebut masih di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Selama ini, metode pembelajaran yang berkembang di sekolah-sekolah masih menggunakan metode konvensional berupa ceramah dan penugasan (Depdiknas, 2008a), padahal sains merupakan pelajaran yang membutuhkan kemampuan memahami, menganalisis, dan menghubungkan suatu fenomena dengan fenomena lain (Depdiknas, 2007). Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah metode Menggambar-Menceritakan Gambar dapat meningkatkan prestasi belajar sains siswa kelas 4. Untreated control group design with pretest and posttest digunakan sebagai rancangan penelitian. Pretest dan posttest dilakukan dengan memberikan soal tes sains. Perlakuan yang diberikan yaitu penggunaan metode Menggambar-Menceritakan Gambar dalam kegiatan pembelajaran sains selama 75 menit sebanyak 10 sesi (seminggu 3 kali). Subjek penelitian sebanyak 32 siswa terbagi dalam kelompok eksperimen (n=22) dan kelompok kontrol (n=10). Analisis hasil penelitian menggunakan skor-perolehan (gain score). Hasil analisis independent sample t-test menunjukkan perbedaan skor-perolehan prestasi belajar sains kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (t=3,878; p
Kata Kunci :