SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI CALON USTADZ MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS. (STUDI KASUS: PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR I PONOROGO); DECISSION SUPPORT SYSTEM FOR SELECTION OF TEACHER USING ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS. (CASE STUDI: DARUSSALAM ISLAMIC BOARDING SCHOOL GONTOR PONOROGO)
JUMHURUL UMAMI, Sri Hartati
2015 | Disertasi | PROGRAM STUDI S2 ILMU KOMPUTERSeiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi informasi, pemanfaatan komputer diberbagai bidang telah menjadi suatu keharusan. Pemilihan calon ustadz dimaksudkan untuk menyeleksi ustadz yang siap mengabdi di Gontor. Gontor merupakan salah satu sekolah yang setara dengan SMA yang selalu mengadakan seleksi ustadz setiap tahunnya untuk disebarkan di seluruh instansi pendidikan di Indonesia. Agar proses seleksi calon ustadz yang diproyeksikan untuk mengajar di Pondok Modern Darussalam Gontor I ini dapat dilakukan secara lebih obyektif. Untuk itulah Gontor memerlukan sebuah sistem yang dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan yaitu salah satunya dengan cara pembuatan “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Calon Ustadz”. Pada proses seleksi guru yang dilakukan di Gontor masih terdapat kendala yaitu: Gontor dalam melakukan seleksi ustadz masih masing menggunakan Microsoft access dan ditampilkan secara manual, disamping itu hanya mengandalkan tenaga ustadz senior dan bagian pengasuhan santri untuk mengevaluasi disiplin santri kelas 6, maka tidak memberikan hasil yang maksimal Untuk memecahkan permasalahan tersebut, maka dibuat Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Calon Ustadz Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil dari proses sistem ini adalah berupa daftar 90 peringkat terbaik yang akan menjadi calon ustadz di pondok modern Darussalam Gontor I dan mengabdikan diri selama 1 tahun untuk mengajar.
Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Seleksi Ustadz, AHP