Laporkan Masalah

PURWARUPA SISTEM KENDALI OTOMATIS PALANG PINTU PERLINTASAN KERETA API BERBASIS PLC OMRON CPM2A DAN HMI WONDERWARE INTOUCH 10; PROTOTYPE AUTOMATIC CONTROL SYSTEM OF RAILWAY LEVEL CROSSING BASED ON PLC OMRON CPM2A AND HMI WONDERWARE INTOUCH 10

Ahmad Nuryaqin, Sumiharto

2011 | Skripsi | PROGRAM STUDI ELEKTRONIKA DAN INSTRUMENTASI

Tingginya tingkat kecelakaan pada alat transportasi kereta api di Indonesia merupakan suatu permasalahan serius yang harus segera ditangani secepat mungkin mengingat banyaknya korban akibat peristiwa tersebut. Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan antara lain akibat kelalaian petugas penjaga perlintasan (human error). Sistem pengamanan yang masih dilakukan secara mekanis oleh petugas, membuat sistem menjadi tidak efisien dan kurang terjamin keamanannya. Kelalaian petugas dalam menutup palang pintu kereta api bisa mengakibatkan kecelakaan fatal bagi para pengendara kendaraan umum maupun kereta api itu sendiri. Sebuah purwarupa sistem kendali palang pintu kereta api secara otomatis telah dibuat dengan basis kendali Programmable Logic Controller (PLC). Purwarupa ini merupakan sistem yang bekerja untuk mengamankan daerah perlintasan kereta api dari terjadinya kecelakaan antara kereta api dengan kendaraan umum lainnya yang melintasi rel akibat kelalaian petugas penjaga maupun tidak ada palang perlintasan yang terpasang karena jumlah petugas yang terbatas, dengan menutup palang pintu perlintasan saat kereta api melintas secara otomatis. Sistem ini dibuat dengan PLC Omron CPM2A sebagai kendali sistem, Light Dependent Resistor (LDR) sebagai sensor pendeteksi kereta maupun kendaraan umum lainnya, laser sebagai tranduser, motor stepper unipolar 12 Volt sebagai penggerak palang pintu perlintasan serta HMI Wonderware InTouch 10 sebagai pemantauan sistem. Cara kerja dari sistem ini adalah dengan mendeteksi kedatangan kereta api melalui sensor yang telah dipasang pada jarak tertentu kemudian data yang didapat dikirim ke PLC untuk diolah dan diberikan umpan balik berupa penutupan palang pintu dengan menggunakan motor stepper. Jika terdeteksi masih ada kendaraan yang melintas maka palang pintu akan menutup setengah hingga kendaraan telah terdeteksi keluar dari perlintasan dan palang pintu akan ditutup penuh kembali. Sistem akan direset setelah kereta melintasi sensor kereta yang posisinya berseberangan dengan sensor kereta yang awal. Semua proses dari awal hingga sistem direset akan ditampilkan secara waktu nyata pada HMI dan bisa dikendalikan menggunakan panel yang telah disediakan.

Kata Kunci : palang pintu, kereta api, PLC, LDR, laser, motor stepper, HMI


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.