MODEL ANALISIS FAKTOR KONFIRMATORI 2 LEVEL [Studi Kasus: Kecerdasan Anak Berdasarkan Groninger Inttelegence Test]; TWO LEVEL CONFIRMATORY FACTOR ANALYSIS MODEL [Case Study:Children’s Inttelegence Based on Groninger Inttelegence Test ]
INTAN NIRMALA, Abdurakhman
2011 | Skripsi | PROGRAM STUDI STATISTIKAAnalisis faktor konfirmatori dilakukan dengan tujuan untuk mengkonfirmasi apakah suatu konstruk dapat dikonfirmasi dengan data empirisnya. Analisis ini harus didukung oleh teori yang kuat. Pada analisis faktor konfirmatori klasik, analisis difokuskan kepada sejumlah unit observasi yang independen satu sama lain. Akan tetapi, analisis tersebut tidak bisa diterapkan ketika unit observasi tersarang dalam suatu struktur hierarki atau multilevel. Struktur hierarki memberikan satu masalah tersendiri, karena asumsi standar bahwa unit observasi bersifat independently identically distributed tidak ditemukan. Individu-individu dalam grup yang sama menghasilkan observasi yang saling berkorelasi. Menangani data berstruktur hierarki dengan menggunakan model klasik akan memberikan hasil yang menyesatkan. Karya tulis ini membahas model analisis faktor konfirmatori 2 level untuk menangani data dengan struktur hierarki 2 level. Spesifikasi model dilakukan dengan between and within formulation dan digunakan pendekatan kemungkinan maksimum untuk mengestimasi parameter dari model analisis faktor konfirmatori 2 level. Estimasi nilai ? yang meminimumkan fungsi kesesuain tidak dapat diperoleh secara langsung. Oleh karena itu, digunakan algoritma EM Step ((Expectation Maximization Step) untuk melakukan iterasi. Pembahasan dilengkapi dengan studi kasus mengenai kecerdasan anak berdasarkan Groninger Inttelegence Test dari penelitian Van Peet.
Kata Kunci : Analisis Faktor Konfirmatori 2 Level, Between and Within Formulation , Estimasi Kemungkinan Maksimum, Iterasi EM Step.