Laporkan Masalah

IMPLEMENTASI PERMAINAN PONG PADA FPGA XILINX SPARTAN- 3E MENGGUNAKAN DESKRIPSI VHDL; PONG GAME IMPLEMENTATION ON FPGA XILINX SPARTAN-3E USING VHDL DESCRIPTION

MUHAMMAD JUNUDULLAH MUSTHOFA, Agfianto Eko Putra

2011 | Skripsi | PROGRAM STUDI ELEKTRONIKA DAN INSTRUMENTASI

Telah dilakukan implementasi permainan Pong pada FPGA Xilinx Spartan-3E menggunakan bahasa deskripsi perangkat keras VHDL. Hasilnya berupa permainan Pong yang dapat dimainkan oleh 2 orang dengan 4 jenis background dan 4 jenis kecepatan bola. Input data menggunakan keyboard dan output-nya pada CRT monitor. Permainan akan berakhir setelah salah satu pemain mendapat skor 9. Sistem ini terbagi menjadi 13 modul. Modul Keyboard untuk mengidentifikasi masukan dari keyboard, modul Process_Keys untuk memproses masukan dari keyboard, modul Vga_Driver mengatur tampilan pada layar monitor, modul Background untuk mengatur background pada layar monitor, modul Inverter untuk mengubah warna background, modul AI agar pemain kanan dapat berjalan sendiri menghalau bola lawan secara otomatis, modul Pemain untuk mengatur pergerakan paddle, modul Ball untuk mengatur aturan main dalam game ini serta mengatur pergerakan bola , modul Ball_Out_Handler untuk mengatur saat bola keluar area permainan, modul Color untuk mengatur warna dasar yang digunakan, modul Change_Color berfungsi untuk mengatur warna background saat kondisi others , yaitu warna yang tidak beraturan, dan modul Score untuk mengatur skor dari kedua player. Pongfpga merupakan top modul berupa RTL skematik yang berfungsi untuk mengontrol modul-modul yang digunakan. Sumber daya yang dibutuhkan pada sistem ini adalah 683 slices (14%), 294 flip-flop (3%), 1255 LUT 4 input (13%), 8 elemen IO (3%), dan 3 elemen GCLK (12%) dengan waktu rambat 20,765ns

Kata Kunci : FPGA; VHDL; permainan pong; vsync; hsync


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.