Laporkan Masalah

Pemanfaatan media center dalam pelayanan publik sebagai upaya mewujudkan Surabaya smart city

Trafika Anggini,

2016 | Skripsi |

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah mempermudah masyarakat memperoleh informasi dan melakukan komunikasi khususnya pada bidang pelayanan publik. Layanan publik berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ini telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya dengan menyediakan Media Center sebagai layanan informasi, pengaduan, keluhan, dan saran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi layanan Media Center, pemanfaatannya oleh masyarakat, dan keberadaan Media Center dalam mewujudkan Surabaya Smart City. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Data yang dihimpun berupa data primer yang diperoleh dari hasil wawancara mendalam terhadap informan yang telah ditentukan dan data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait mengenai rekapitulasi masukan padaMedia Center. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Media Center merupakan program berbasis TIK dari Pemerintah Kota Surabaya yang digunakan untuk menerima masukan dari masyarakat melalui ragam media yang disediakan. Masukan tersebut berkaitan dengan program pemerintah, infrastruktur, pendidikan, lingkungan, dan sosial. Selain itu, layanan publik Media Center menunjang terwujudnya Surabaya Smart City dengan memanfaatkan perkembangan TIK di Kota Surabaya yang ditunjang dengan beberapa program pemerintah lainnya.

Kata Kunci :


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.