Laporkan Masalah

Analisis pengaruh kredibilitas akuntan publik terhadap keputusan investasi saham oleh investor

Zubaida, Iz Irene Farah, Sugiarto,Drs. M.Acc.,MBA

2006 | Skripsi | S1 Accounting

Laporan keuangan merupakan sumber informasi penting bagi investor yang akan dipergunakan untuk membuat keputusan investasi. Agar laporan keuangan dapat menjadi alat yang relevan dalam pembuatan keputasan investasi, laporan keuangan harus disusun berdasarkan prinsip akuntansi berlaku umum. Karena adanya perbedaan kepentingan antara pemilik dan manajemen, dan tingginya kompleksitas operasi perusahaan sehingga tidak memungkinkan bagi pemilik dan pengguna laporan keuangan lainnya untuk mengawasi dan mengevaluasi kinerja perusahaan secara langsung, maka diperlukan pihak independen yang memiliki tangggung jawab untuk memberikan jaminan yang memadai bahwa laporan keuangan telah disusun sesuai dengan prinsip akuntansi berlaku umum dan bebas saji secara material.

Kredibilitas akuntan publik yang melakukan audit atas laporan keuangan perusahaan sangat menentukan tingkat kepercayaan publik terhadap reliablitas laporan keuangan tersebut. Jika akuntan publik tidak kompeten dan tidak independen kualitas hasil audit kurang dapat dipercaya. Tingkat celah pengharapan yang timbul karena adanya perbedaan antara harapan publik terhadap kinerja auditor dengan kinerja auditor sesuai standar auditing dan brand name kantor akuntan publik diperkirakan dapat mempengaruhi persepsi publik terhadap kredibilitas akuntan publik. Jika investor meragukan krediblitas akuntan publik, maka tingkat kepercayaan investor terhadap laporan keuangan yang disajikan oleh manajemen rendah, sehingga hal ini akan mempengaruhi keputusan investasi oleh investor. Jika kualitas auditor diragukan maka pengguna laporan keuangan akan mempersepsikan bahwa laporan auditor memberikan tingkat keyakinan yang rendah bahwa laporan keuangan mencerminkan realitas bisnis yang sesungguhnya, dan besar kemungkinan laba dan nilai buku yang dilaporkan lebih tinggi dari yang seharusnya tanpa pemberitahuan dari auditornya.

Populasi penelitian ini adalah investor yang melakukan investasi saham di Bursa Efek yang melakukan transaksi melalui perusahaan sekuritas cabang Jogjakarta. Perusahaan sekuritas yang berada di Jogjakarta ada tiga, yaitu: Sarijaya sekuritas, yang berlokasi di Jalan Adi Sucipto, Jogjakarta, BNI Sekuritas, yang berlokasi di Jalan Trikora, Jogjakarta,dan United capital Indonesia, yang berlokasi di Jalan Langensari, Jogjakarta

Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah nonprobabilitas sampling, dimana setiap elemen populasi tidak mempunyai kesempatan yang sarna untuk terpilih menjadi sampel. Penelitian ini memilih sampel berdasarkan kemudahan (Convenience Sampling). Kuisioner dikembangkan untuk mengukur variabel yang digunakan dalam penelitian. Hipotesis diuji dengan menggunakan metode statistik regresi linear sederhana dan berganda untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan variabel independen terhadap variabel dependen.

Dari pengujian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa variabel kredibilitas akuntan publik berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan investasi yang ditunjukkan oleh nilai t = 4,160, F = 17,310, R : 0,599, dan R2 = 0,358 yang diperoleh dari pengujian regresi linear. Variabel kompetensi akuntan publik, independensi akuntan publik, dan expectation gap berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan investasi. Variabel brand name kantor akuntan publik berpengaruh tidak secara signifikan terhadap keputusan investasi oleh investor. Terdapat korelasi yang positif antara variabel krediblitas akuntan publik dengan keputusan investasi; antara variabel kompetensi akuntan publik, independensi akuntan publik, dan brand name kantor akuntan publik. Korelasi yang positif antara variabel independen dan dependen tersebut menunjukkan bahwa semakin besar kredibilitas akuntan publik yang melakukan audit sebuah laporan keuangan, semakin besar keputusan investasi yang dibuat oleh investor. Semakin besar persepsi investor terhadap kompetensi akuntan publik, independensi akuntan publik, dan brand name kantor akuntan publik, sernakin besar pengaruhnya terhadap keputusan investasi yang dibuat investor. Terjadi korelasi yang negatif antara variabel expectation gap dengan keputusan investasi oleh investor. Semakin besar celah pengharapan yang terjadi dalam masyarakat, semakin rendah tingkat keputusan yang dibuat oleh investor. Kredibilitas akuntan publik mempengaruhi keputusan investasi investor sebesar 35,8 %, sedangkan yang 64,2 % keputusan investasi dipengaruhi va ria bel lain di luar model. Dari persamaan regresi linear berganda diperoleh hasil bahwa kredibilitas akuntan publik mempengaruhi keputusan investasi sebesar 51,9 %, sedangkan 48,1 % keputusan investasi dipengaruhi variabel lain yang tidak termasuk dalam model.

-

Kata Kunci : kredibilitas akuntan publik,keputusan investasi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.