Laporkan Masalah

Pengaruh aktivitas value chain terhadap kualitas produk dan inovasi produk pada usaha mikro kecil dan menengah

WIJAYANTI, Drs. Wakhid S. Ciptono, MBA,MPM

2009 | Tesis | S2 Management

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peran penting dalam suatu negara. UMKM harus mempunyai keunggulan kompetitif agar mampu bertahan. Keunggulan kompetitif dapat dicapai dengan menggunakan aktivitas-aktivitas yang ada dalam value chain. Penelitian ini menguji pengaruh aktivitas value chain terhadap kualitas produk dan inovasi produk pada UMKM di Yogyakarta. Aktivitas value chain tersebut meliputi dorongan kewirausahaan, fokus pelanggan, proses operasional, dan manajemen pemasok. Selain itu, penelitian ini juga menguji hubungan antara kualitas produk dan inovasi produk. Data primer diperoleh dengan melakukan survei pada 120 UMKM di Yogyakarta. Stuctural Equation Modeling (SEM) digunakan untuk analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas value chain berpengaruh positif pada kualitas produk dan inovasi produk. Selain itu, terdapat hubungan antara kualitas produk dan inovasi produk. Hasil tersebut menunjukkan bahwa aktivitas value chain penting untuk UMKM.

Small Medium Enterprises (SMEs) have important role in the development of the country. SMEs need competitive advantage to exist. Value chain activities are key to achieving competitive advantage. This research examines the effect of value chain activities of product quality and product innovation in SMEs. That activities are etrepreneurial drives, customer focus, operational process, and supplier management. The study also examines link between product quality and product innovation. The primary Data were taken from survey of 120 Yogyakarta SMEs. Stuctural Equation Modeling (SEM) technique was used for statistical analysis. The study has found that value chain activities and product quality and product innovation are positively related. The findings suggest that value chain activity important to SMEs.

Kata Kunci : Value Chain, Kualitas Produk, Inovasi Produk, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.