Laporkan Masalah

SEGMENTASI PASAR KARTU KREDIT

Widyarti, Maria Theresia Heni (Adv.Drs. John Soeprihanto, MIM), Drs. John Soeprihanto, MIM

1997 | Tesis | S2 Management

Penelitian ini bertujuan untuk mensegmentasikan pasar kartu kredit berdasarkan manfaat kartu kredit yang dfinginkan. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah pengguna kartu kredit dapat dikelompokkan berdasarkan persamaan dan perbedaan manfaat kartu kredit yang diinginkan, (2) apakah secara statistik



terdapat perbedaan yang signifikan antara segmen-segmen yang terbentuk berdasarkan variabel demografi dan variabel-variabel yang berhubungan dengan penggunaan kartu



kredit, dan (3) apakah perbedaan-perbedaan yang ada, dari sisi pemasaran berarti dalam pemilihan pasar sasaran. Penarikan sampel secara konvenien dilakukan terhadap 240



pemegang kartu kredit di Semarang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner atau daftar pertanyaan.



Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa terdapat lima faktor yang mempunyai nilai eigenvalue lebih dari satu. Kelima faktor tersebut diberi nama Praktis, Prestise,



Fasilitas Asuransi, Kemudahan Transfer Dana dan Fasilitas Kredit. Dengan menggunakan skor faktor responden dikelompokkan. Lima kelompok dihasilkan dari analisis klaster. Kelompok-kelompok tersebut diberi nama: Segmen Kredit, Segmen Asuransi, Segmen Praktis, Segmen Fleksibel dan Segmen Prestisius. Tujuan selanjutnya adalah membedakan segmen-segmen berdasarkan variabel



demografi dan variabel yang berhubungan dengan penggunaan kartu kredit. Hasil pengujian dengan analisis chi kuadrat diketahui bahwa 6 variabel secara statistik



merupakan diskriminator yang signifikan dalam membedakan segmen-segmen yang ada. Tujuan ketiga menjelaskan apakah perbedaan-perbedaan yang ada, dari sudut pemasaran, mempunyai arti dalam pemilihan pasar sasaran. Perbedaan-perbedaan yang ada diantara segmen dapat memberikan petunjuk dalam pemilihan bentuk-bentuk program



pemasaran yang efektif bagi segmen pasar sasaran yang diinginkan

The study examined the feasibility of segmenting a credit card market on the basis of credit card benefit sought. Specifically, the study objectives were to determine (1)



whether credit card market could be grouped together based on similarities and differences in desired credit card benefit, (2) whether statistically significant differences



existed between the resulting segments on the basis of demographic, and credit card usage-related variables, and (3) whether any resulting differences were meaningful from a marketing standpoint, specifically with respect to target market selection. A convenience sample of 240 credit card holders in Semarang. Data were collected by questionaires. The factor analysis resulted in five factors being retained with eigenvalues greater



than one. The factors are Practice, Prestige, Insurance Facility, Fund's Transfer Convenience, and Credit Facility.



Using the factor score, the respondents were clustered into groups. The five clusters were found using cluster analysis. The clusters are Credit Segment, Insurance



Segment, Practice Segment, Flexible Segment, and Prestige Segment. The next objective differentiated the segments from one another on the basis of demographic, and credit card usage-related variables. The result of chi-square tests, six variables were the most statistically significant discriminators between resulting segments.



The third objective determined whether the differences between segments were meaningful from a marketing standpoint, specifically with respect to target market



selection. The differences between segments has been found helpful in providing direction in the selection of the kind marketing programs which are most likely to be effective for any given market target.

Kata Kunci : segmentasi, pasar, kartu kredit


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.