Laporkan Masalah

Evaluasi Sistem Pengelolaan Kinerja Organisasi Berbasis Balanced Scorecard : Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bantul

WIDODO, VINCENTIUS AGUS (Adv.: Hardo Basuki, Dr., M.Soc. Sc.), Hardo Basuki, Dr., M.Soc. Sc.

2012 | Tesis | S2 Magister Accountancy

Tesis ini membahas mengenai evaluasi sistem pengelolaan kinerja organisasi berbasiskan pada Balanced Scorecard (BSC) pada KPP Pratama Bantul. Sistem pengelolaan kinerja organisasi berbasis BSC untuk sektor publik yang merupakan adaptasi dari konsep BSC yang digunakan pada sektor privat. Terdapat empat perspektif yang digunakan dalam menilai kinerja organisasi KPP Pratama Bantul, yaitu perspektif stakeholder, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Empat perspektif tersebut diukur dengan menggunakan pencapaian atas indikator-indikator kinerja utama yang telah ditetapkan berdasarkan misi serta sasaran strategis dari organisasi. Tahun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahun 2009, 2010 dan 2011, di mana organisasi sudah menggunakan pengelolaan berbasis BSC sejak tahun 2010. Pengelolaan kinerja dengan menggunakan perspektif BSC dari tahun 2009 sampai dengan 2011 selalu mengalami peningkatan dan berada di atas angka 100% untuk tahun 2010 dan 2011.

This thesis discusses the evaluation of organizational performance management system based on the Balanced Scorecard (BSC) on Pratama Bantul Tax Office. Organization performance management system based on BSC for public sector which is an adaptation of the BSC concept used in the private sector. There are four perspectif used in assessing Pratama Bantul Tax Office organization performance: stakeholders perspective, customers perspective, internal process business perspective, learning and growth perspective. These four perspective are measured using achievemnet in key performance indicators set by the missions and strategic targets of the organization. Year of data used in this study are the 2009, 2010 and 2011, where organization has been using BSC-based management since 2010. Performance management using BSC perspectives from 2010 to 2011 always increasing and is above 100% of target for 2010 and 2011.

Kata Kunci : Pengelolaan kinerja, sektor publik, KPP Pratama Bantul, perspektif stakeholder, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, Performance management, Balanced Scorecard, public sector, Pratama Bantul Tax


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.