Laporkan Masalah

KEMUNGKINAN PENERAPAN KEY PERFORMANCE INDICATOR BERBASIS BALANCED SCORECARD SEBAGAI DASAR PENILAIAN KINERJA KARYAWAN : STUDI KASUS KOPERASI

WICAKSONO, BAYU SATRIYO , Prof. Dr. RA Supriyono, SU.,Akt

2009 | Skripsi | S1 Accounting

Perkembangan dunia usaha yang semakin komplek menjadikan para pelaku usaha perlu mengetahui sejauh mana perkembangan usahanya dengan menerapkan sebuah sistem penilaian kinerja yang baik. Penilaian kinerja yang dilakukan tentu harus bisa menyentuh level strategis sampai dengan level operasional. Adanya sistem penilaian kinerja ini diharapkan bisa juga digunakan untuk memberikan motivasi tersendiri bagi sumber daya manusia yang ada dalam organisasi usaha agar bisa memberikan kinerja yang terbaik.Dalam praktiknya, penerapan Key Performance Indicator berbasis Balanced Scorecard merupakan alternatif sistem yang ideal untuk mencapai maksud dan tujuan di atas.

Sebagai salah satu organisasi bisnis, Koperasi "Kopma UGM" juga telah menerapkan model KPI ini dalam pengelolaan karyawannya. Oleh karena itu, tujuan penulis adalah menganalisis sejauh mana implementasi sistem tersebut dan juga praktik ideal yang seharusnya. Adapun metode yang digunakan adalah studi kasus di Koperasi "Kopma UGM"

Dari hasil analisis yang telah dilakukan, KPI telah diterapkan hanya saja hasilnya belum sesuai dengan yang diharapkan. Penyesuaian sistem KPI dengan berbasis Balanced Scorecard diharapkan bisa lebih memberikan solusi untuk hasil yang lebih oprtimal kaitannya dengan fungsi KPI sendiri sebagai salah satu alat penilaian kinerja karyawan dan bahkan juga sebagai pengukur kinerja organisasi.

The development of business world which is getting more and more complex makes the people involved in industry need to know how far the development of its their business is by applying a good performance appraisal system. Performance appraisal which is chosen by the organization should be able to measure strategic level up to operational level. The existence of performance appraisal is expected to be helpful in giving motivation for human resources in the business organization in order to make employees able to give their best performance. Practically, KPI application based on BSC is an ideal alternative to reach the goal above. As one of business organization, "Kopma UGM" Cooperative has been applying KPI model in managing its employees. Therefore, the aim of this research was to analyze how far the implementation of its KPI model compared with the ideal practice of KPI. The model used in this research is case study in "Kopma UGM" Cooperative. The result showed that KPI has been done in "Kopma UGM" Cooperative, but it hasn't reached result as expected. KPI application based on BSC is expected to be able in helping organization in giving solution for its more optimal result, in relation to the function of KPI as a mean of employees' performance appraisal and as an organization's performance appraisal.

Kata Kunci : Penilaian Kinerja, Key Performance Indicator, Balanced Scorecard


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.