PENGARUH PRAKTIK TOTAL QUALITY MANAGEMENT dan PRAKTIK JUST in TIME TERHADAP KINERJA KUALITAS PERUSAHAAN
WARDHANI, SHITA LUSI (Adv.Drs. Wakhid Slamet Ciptonoz MBA., MPM.), Drs. Wakhid Slamet Ciptonoz MBA., MPM.
Total Quality Management (TQM) dan Just in Time (JIT) adalah dua model manajemen yang sedang banyak dibicarakan sebagai model manajemen barn untuk meningkatkan kinerja kualitas perusahaan. Penelitian ini menguji apakah penerapan
model TQM dan JIT mempengaruhi kinerja kualitas perusahaan di Pulau Jawa. Dengan menggunakan delapan variabel TQM dan sembilan variabel JIT, model regresi berganda digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil pengujian menunjukkan
bahwa ternyata dari delapan variabel TQM, hanya tiga variabel yang signifikan mempengaruhi kinerja kualitas, yaitu customer focus, plant environment dan workforce management. Sedangkan dari sembilan variabel JIT, hanya dua yang signifikan mempengaruhi kinerja kualitas, yaitu set up time reduction dan workforce management.
Currently Total Quality Management (TQM) and Just in Time (JIT) are two models have known as better way to improve organizations quality performance. The purpose of this research is to test whether those practices affect quality performance of the organizations. Multiple regression method is use to test the hypothesis of eight TQM variables and nine JIT variables. The results of this research indicates only three variables of TQM (customer focus, plant environment and workforce management) and two variables of JIT (set up time reduction and workforce management) are
significantly improve organizations quality performance.
Kata Kunci : total quality management (TQM), just in time (JIT), kinerja kualitas