Evaluasi keefektifan situs WEB dengan menggunakan model skala sikap terhadap situs WEB
Vistara, Ingga Danta (Adv. Dr. BM. Purwanto, MBA), Dr. BM. Purwanto, MBA
Sikap terhadap 5itus (Attitude toward the site) merupakan pengembangan dari Attitude toward the Advertising yang te~lah banyak digunakan sebagai pendek.:ltan evaluasi advertising. Pengembangan dilakukan dengan menambah item skala sikap menjadi en am item pernyataan, dan upaya menemukan dimen~;i perseptual yang membentuk sikap te "hadap situs tersebut.
Di dalam penelitian-penelitian sebelumnya, keenam item pernyataan tersebut telah dapat dibu ktikan mampu menjadi satu dimensi dasar, dan dimensi perseptual yan~1 terbentuk adalah menghibur, informatif dan penataan.
Sedangkan pada penelitian ini, pembuktian yang diha,ilkan tidak sepenuhnya sama. Keenam pernyataan sikap tidak dapat 5epenuhnya menjadi satu dimensi dasar, sedangkan dimensi perseptual yanIJ dihasilkan jika dapat dikatakan sarna mempunyai hubungan yang berbeda dengan skala sikap terhadap situs, bila clibandingkan dengan penelitian terdahulu.
Tetapi, secara umum dapat dikatakan model sikap terhadap situs ini dapat digunakan untuk llenjalankan evalusi efektifitas pada situs web, sedangkan perbedaan hasil antar penelitian yang timbul setelah dltelaah lebih lanjut justru menunjukar konsitensi model dengan variasi dari populasi pengguna Internet yang ada.
Kata Kunci : efektif, Web, model skala sikap