Laporkan Masalah

ANALISIS PENGUKURAN KINERJA SUATU PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (Studi Kasus pada Toko ZENKO Textile Yogyakarta)

VERSHA DEVI(Pembimbing: Ertambang Naharyo, Ph.D.), Ertambang Naharyo, Ph.D.

2010 | Skripsi | S1 Accounting

Penelitian ini bertujuan untuk menilai kinerja Toko ZENKO dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard sebagai sistem pengukuran kinerja di Toko ZENKO. Dalam hal ini, kinerja Toko ZENKO diukur dengan menggunakan empat perspektif dari konsep Balanced Scorecard, yaitu: perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus tunggal dan metode pengumpulan data yang dilakukan adalah studi literatur dan studi lapangan. Sumber data untuk penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dengan melakukan wawancara dengan pemilik, karyawan, dan pelanggan toko, dan penulis juga menyebarkan kuesioner kepada seluruh karyawan dan pelanggan yang dipilih secara acak dari Toko ZENKO.

Saat ini, pengukuran kinerja di Toko ZENKO masih sangat sederhana, hanya menggunakan ukuran keuangan saja. Kelemahan ukuran keuangan adalah ukuran keuangan dinilai tidak mampu untuk memberikan gambaran yang nyata tentang kondisi perusahaan. Dengan penerapan konsep Balanced Scorecard, diharapkan bahwa toko bisa memiliki alat pengukuran kinerja yang lebih komprehensif, sehingga toko bisa lebih berkembang dan sukses di masa depan. Wawancara dengan pemilik toko dilakukan dalam rangka untuk memperoleh visi, misi, strategi, dan struktur organisasi toko dan untuk melakukan analisa industri, internal, dan eksternal.

Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sistem pengukuran kinerja dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard dapat diterapkan di Toko ZENKO. Namun demikian, pihak toko masih perlu melakukan beberapa perubahan (penyesuaian) dalam upayanya untuk menjalankan strategi bisnis dan mencapai tujuan yang diinginkan.

This research aimed to examine the performance of Toko ZENKO using the balanced scorecard approach as a performance measurement system at Toko ZENKO. In this case, the performance of Toko ZENKO will be measured using the four perspectives of the Balanced Scorecard concept, namely: financial, customer, internal business process, and learning and growth perspective. This research is a single case study method and the data collection method performed is the literature and field study. The sources of data for this research is mainly primary data, which is collected by conducting interviews with the owner, employee, and customer of the shop, and also distributing questionnaires to all the employees and randomly selected customers of Toko ZENKO.

Currently, the performance measurement at Toko ZENKO is still very simple, it just using financial measures alone. The weakness of the financial measure is that it is unable to provide the real picture about the company's condition. With the implementation of the Balanced Scorecard concept, it is hoped that the shop could have a performance measurement tool that is more comprehensive, so that the store can be more developed and successful in the future. Interviews with the shop owner is conducted in order to obtain the vision, mission, strategy, and the organizational structure of the shop and to conduct industry, internal, and external analysis.

Based on the results of the analysis conducted, it can be concluded that the performance measurement system using the Balanced Scorecard approach can be applied at Toko ZENKO. Nevertheless, the shop still needs to do some changes (adjustments) in its attempt to run the business strategy and achieve the desired goals.

Kata Kunci : Pengukuran Kinerja, Perspektif, Balanced Scorecard, Performance Measurement, Perspective, Toko ZENKO


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.