Laporkan Masalah

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sikap Konsumen dalam Menghindari Banner Ads di Internet

VERNANDO, HARI JEFRI (Adv.: Sahid Susilo Nugroho, Dr., M.Sc.), Sahid Susilo Nugroho, Dr., M.Sc.

2012 | Skripsi | S1 Management

Dengan berkembangnya teknologi di era modern ini pemasar menerapkan internet sebagai bagian dari media pemasaran mereka untuk memaksimalkan kelebihan dari teknologi online untuk memasarkan iklan dalam pembentukan brand awareness. Namun terjadi fenomena penghindaran iklan di internet sehingga menjadi penting bagi pemasar mengetahui lebih dalam faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi fenomena tersebut.



Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor – faktor apa saja yang dapat mempengaruhi sikap konsumen dalam menghindari banner ads di suatu situs. Obyek penelitian ini adalah banner ads secara umum Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa di 6 universitas yang berbeda di Yogyakarta. Disain sampel yang digunakan adalah non probability sample dengan metode convenience sampling. Jumlah sampel yang diteliti dalam penelitian ini sebanyak 280 responden.



Didasari hasil perhitungan statistik, riset ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif dari tujuan konsumen dan pengalaman negatif konsumen sebelumnya terhadap banner ads pada penghindaran banner ads. Sedangkan banyaknya jumlah iklan tidak berpengaruh positif pada sikap konsumen melakukan penghindaran terhadap banner ads.

The development of technology in this modern era, marketers are implementing internet technology as part of their marketing media to maximize the advantages of on-line technology to sell ads for making brand awareness. But because of the phenomenon of ad avoidance on the internet, it becomes important for marketers to know more of what factors are influencing the phenomenon.



This study aims to examine the factors which can influence the attitudes of consumers in avoiding the banner ads on a website. Object of this research is the banner ads. Sample in this study were students at six different universities in Yogyakarta. The design of the sample used is a non-probability sample by convenience sampling method. The number of samples examined in this study are 280 respondents.



Based on statistical results, this research proves that there is a positive influence of perceived goal impediment and consumer prior negative experiences on the internet ad avoidance (banner ads). While the perceived ad clutter is not a positive influence on consumer attitudes to their internet ad avoidance.

Kata Kunci : ads avoidance, banner ads, consumer behavior, internet advertising, internet ads, Penghindaran iklan, banner ads, perilaku konsumen, pemasaran internet, iklan internet


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.