Marketing Plan Perusahaan Kancing Kerajinan Jjbali Button Denpasar, Bali
UTOMO, CANDRA WANGI (Adv.: Ike Janita Dewi, Dr., M.B.A.), Ike Janita Dewi, Dr., M.B.A.
Adanya perubahan dan perkembangan lingkungan dalam dunia bisnis saat ini, membuat sebuah perencanaan pemasaran menjadi suatu hal yang sangat penting bagi perusahaan yang ingin berhasil dan sukses menjalankan usahanya. Pameo yang dahulu berkembang, yang menyebutkan bahwa pengusaha tidak memerlukan perencanaan pemasaran, sudah bukan menjadi landasan yang tepat. Dalam perkembangannya, banyak perusahaan yang akhirnya mengalami kebangkrutan akibat sistem perencanaan yang buruk dan tidak tepat. Perencanaan pemasaran sangat penting untuk disusun karena akan sangat membantu aktivitas yang dijalankan para pengusaha atau perusahaan, sehingga apa yang menjadi kegiatan yang mereka kerjakan selalu pada jalur yang sudah disusun dan diprediksikan.
Penelitian ini dilakukan di perusahaan kancing kerajinan, JJ Bali Button Denpasar, yang membahas dan mengevaluasi kondisi perusahaan serta merumuskan perencanaan pemasara perusahaan. Penyusunan rencana pemasaran ini, bertujuan untuk meneruskan pertumbuhan produk yang sudah ada, dan mengembangkan area pemasaran produk kancing yang bersangkutan, sampai kepada target kedepan yang jelas. Dimulai dengan analisis lingkungan eksternal dan internal yang dapat mempengaruhi perusahaan, kemudian menganalisis kondisi pasar terutama industri kancing yang berkembang di Indonesia dan dunia, sampai kepada analisis konsumen, yang mana penelitian ini mengungkapkan karakteristik konsumen dari berbagai Negara di dunia. Kegiatan analisis yang terakhir adalah dari sisi pesaing JJ Bali Button yang dipaparkan melalui Five Forces, yang kemudian dirangkaikan dengan analisis SWOT.
Rekomendasi dan kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini dipaparkan dalam bentuk strategi segmenting, targeting dan positioning, serta marketing mix. Dalam strategi STP, dilakukan pengelompokkan-pengelompokkan konsumen menjadi lebih homogen dan kemudian memilih target pasar JJ Bali Button yang adalah wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara. Strategi positioning dilihat berdasarkan P-O-P dan P-O-D, yang mana perusahaan memposisikan diri sebagai penyedia kancing unik dan tepat menjadi salah satu tempat destinasi wisata. Ditutup dengan strategi 4P dalam bauran pemasaran yaitu produk, dalam bentuk kancing, company tour, dan workshop; harga dari semua kegiatan yang diselenggaran perusahaan dan juga harga premium untuk produk kancing khusus; tempat, adalah event-event atau pameran yang dapat diikuti perusahaan; dan terakhir adalah promosi melalui iklan, personal selling, dan promosi penjualan. Untuk mempermudah perusahaan dalam melakukan marketing plan ini, maka pada bagian akhir disertakan action plan untuk jangka pendek dan jangka panjang.
The existence of environmental changes and developments in today's business world, creating a marketing plan to be a very important thing for companies that want to succeed in business. Slogan that used to grow, which states that entrepreneurs or businessmen do not require a marketing plan, it is not a proper foundation. During its development, many companies that eventually went bankrupt due to poor and inappropriate planning. Preparation of Marketing plan is essential, because it will greatly assist the activities run by entrepreneurs or companies, so what the activities that they do are always on the path that has been compiled and predicted.
The research was conducted at the art buttons company, JJ Bali Button Denpasar. It discusses and evaluates the condition of the company, and formulate the marketing plan within the company. Preparation of marketing plan aims to continue the growth of existing products and develop a marketing area of buttons are concerned. Came to the fore a clear target. Starting with the analysis of external and internal environment that may affect the company, then analyze the market conditions that develop primarily buttons industries in Indonesia and the world, to the analysis of the consumer, which this study reveals the characteristics of consumers of various countries in the world. Analysis of the latter is from the rival JJ Bali Button presented through the Five Forces, which is then coupled with a SWOT analysis.
Recommendations and conclusions obtained in this research strategy presented in the form of segmenting, targeting and positioning, as well as the marketing mix. In the STP strategy, performed the grouping consumers become more homogeneous and then choose a target market of JJ Bali Button that is foreign tourists and domestic tourists. Positioning strategy be based on the POP and POD, which is the company positioned itself as a provider of unique buttons and become one of tourist destinations. Closed with 4P strategy in the marketing mix which are product, in the form of buttons, company tours, and workshops; the price of all the activities that runs from the company and also a premium price for button that limited edition; place is events or exhibitions which can be followed by the company; and latter is a promotion through advertising, personal selling and sales promotion. To facilitate the company in doing this marketing plan, then at the end included an action plan for short and long term.
Kata Kunci : Perencanaan Pemasaran, Analisis Lingkungan, Marketing Plan, Environment Analysis, Five Forces, SWOT, Segmenting Targeting Positioning, Marketing Mix, Action Plan.