Analisis Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Referensi Terhadap Pilihan Produk Hijau
TRISNINASARI, RETNAYU (Adv.: John Suprihanto, Dr., M.I.M), John Suprihanto, Dr., M.I.M
Bagaimanakah pengaruh gaya hidup dan kelompok referensi terhadap pilihan produk hijau? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal tersebut. Variabel yang gaya hidup yang digunakan untuk penelitian ini yaitu aktivitas (X1), minat (X2), dan opini (X3). Sedangkan untuk kelompok referensi variabel yang digunakan adalah pengaruh informatif (X4), pengaruh komparatif (X5), dan pengaruh normatif (X6). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial hanya variabel aktivitas yang tidak berpengaruh signifikan, namun secara simultan seluruh variabel berpengaruh signifikan terhadap pilihan produk hijau. Selain itu, hasil analisis juga menunjukkan variabel opini sebagai variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi pilihan produk hijau.
How does lifestyle and reference group on green product selection? This research aims to discover this. Lifestyle variables that are used for this research is the activity (X1), interest (X2), and opinions (X3). As for the reference variable used is the effect of informative (X4), the influence of comparative (X5), and normative influence (X6). The results of this study indicate that partial only variable that has no significant activity, but simultaneously all variables significantly influence the choice of green products. In addition, the analysis also showed variable opinions as the most dominant variable in affecting green product choices.
Kata Kunci : produk hijau, gaya hidup, kelompok referensi, pilihan konsumen, green product, life style, reference group, consumer preference