PENGUKURAN KESUKSESAN TWITTER DENGAN MODEL DELONE DAN MCLEAN
TRIBUDIANI, FINDA WIDYA (Adv.: Jogiyanto HM, Prof., Dr., M.B.A.), Jogiyanto HM, Prof., Dr., M.B.A.
Banyak penelitian di bidang Sistem Informasi dengan beragam jenis sistem dan kondisi telah mendukung Model Kesuksesan DeLone and McLean pada utilitarian setting. Dominasi pengadopsian model tersebut pada utilitarian setting mendorong pengujian, validasi, dan perbaikan lebih lanjut dalam sistem informasi hedonis. Penelitian ini mengajukan modifikasi terhadal model DeLone dan McLean dalam konteks layanan jejaring sosial hedonis sebagai salah satu jenis sistem informasi hedonis. Dengan mempertimbangkan pertumbuhan dan popularitas yang tinggi dalam beberapa tahun terakhir, Twitter dipilih sebagai fokus dari studi ini. Model yang diajukan memasukkan kualitas jejaring sebagai salah satu aspek kualitas dan mengajukan loyalitas untuk merepresentasikan net benefits bagi penyedia layanan jejaring sosial. Survei telah dilakukan dengan melibatkan 141 pengguna Twitter di Indonesia yang merupakan salah satu negara dengan penetrasi pengguna Twitter tertinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas informasi, kualitas pelayanan, dan kualitas jejaring memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pengguna dan intensi untuk menggunakan. Dalam studi ini, kualitas sistem hanya memiliki pengaruh signifikan pada kepuasan pengguna. Selain itu, hasil studi menunjukkan bahwa kepuasan pengguna dan intensi untuk menggunakan terbukti sebagai prediktor kuat atas loyalitas.
Many Information System research studies under different variety of types and conditions have supported DeLone and McLean success model in a utilitarian nature. The prominent adoptions of the model in a utilitarian setting urge for further testing, validation, and refinement in hedonic information systems. This study proposed a modified version of DeLone and McLean model in the context of hedonic social networking service as one type of hedonic information systems. Considering the enormous growth and popularity in the past several years, Twitter is selected as the focus of this study. The proposed model included networking quality as one of the quality aspects and suggested loyalty to represent net benefits for social networking service provider. A survey was undertaken, involving 141 Twitter users in Indonesia which is among the countries with the highest Twitter user penetration. The findings demonstrated that information quality, service quality, and networking quality had positive influence on user satisfaction as well as intention to use. In this study, system quality had only significant influence on user satisfaction. Both user satisfaction and intention to use were found to be strong predictors of loyalty.
Kata Kunci : DeLone and McLean Model, Hedonic Information Systems, Social Networking Service, Twitter, Sistem Informasi Hedonis, Layanan Jejaring Sosial