Evaluasi Penerapan Strategi Dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard: Studi Kasus Pada PT Bank Tabungan Negara Persero
TAMPUBOLON, DANIEL REDY (Adv.: Fahmi Radhi, Dr., M.B.A.), Fahmi Radhi, Dr., M.B.A.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan strategi Bank BTN dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard berdasarkan 4 (empat) perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif konsumen, perspektif proses bisnis internal dan perspektif proses pembelajaran dan pertumbuhan. Lalu mengidentifikasi faktor-faktor kunci keberhasilan perusahaan serta menentukan strategi yang tepat dalam menghadapi persaingan pada saat ini. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data hasil observasi dan wawancara dengan pihak manajemen Bank BTN; yang meliputi kondisi keuangan, pelanggan, proses bisnis internal dan proses pembelajaran dan pertumbuhan. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan beberapa alat analisis manajemen strategik, antara lain analisis balanced scorecard dan identifikasi Key Success Factor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi strategi Bank BTN berdasarkan pendekatan balanced scorecard; (i) perspektif keuangan: pertumbuhan yang signifikan dan profitable serta memiliki high asset quality dengan menggunakan rasio-rasio keuangan ROA, ROE, CAR, NIM, NPL; (ii) perspektif pelanggan adalah pengenalan merk yang kuat, pertumbuhan pangsa pasar, pangsa pasar, kepuasan pelanggan, retensi pelanggan, akuisisi pelanggan;(iii) perspektif bisnis internal: peningkatan proses operasional dan meminimalisir tingkat kesalahan menggunakan ukuran loan approval processing time, waktu antrian, CIR dan % of rework; (iv) perspektif pembelajaran dan pertumbuhan: pelatihan karyawan dan moral karyawan yang baik dengan menggunakan ukuran jumlah karyawan yang dilatih dan biaya karyawan. Dalam mengantisipasi perubahan di masa yang akan datang, hal yang perlu dilakukan Bank BTN adalah memaksimalkan faktor-faktor kunci keberhasilan yang dimiliki. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi yang tepat pada saat ini dalam memenangkan persaingan adalah menerapkan strategi re-positioning dengan sasaran dua aspek fundamental, yakni transformasi bisnis dan transformasi SDM.
The objectives of this internship report is to evaluate the implementation of BTN Bank strategy using the balanced scorecard approach based on the 4 (four) perspectives of the financial perspective, customer perspective, internal business process perspective and the perspective of learning and growth process. Then to identify key success factors determining the success of the company and the right strategy in the face of competition at this time. The data used in this study are the data observations and interviews with the management of Bank BTN; which include the financial conditions, customer, internal business processes and learning and growth. The data were analyzed using several analytical tools of strategic management, including balanced scorecard analysis and identification of Key Success Factor. The results showed that the process of implementation strategies based on Bank BTN balanced scorecard approach; (i) the financial perspective: a significant growth and profitable and has a high asset quality by using financial ratios such as ROA, ROE, CAR, NIM, and NPL; (ii) the customer perspective is a strong brand recognition, market share growth with a size (measures) Brand Awareness, share market (market share), customer satisfaction, customer retention, customer acquisition; (iii) the internal business perspective: improving operational processes and minimize the error rate using a measure of loan approval processing time, queue time, CIR and % of rework; (iv) learning and growth perspective: training of employee and good employee morale by using measures of the number of employees trained and the cost of employee. In anticipation of a change in the future, things to do is to maximize the Bank BTN key success factors. Results of analysis showed that the right strategy at this point in winning the competition is to apply the re-positioning strategy with a target of two fundamental aspects, namely the transformation of business and HR transformation.
Kata Kunci : strategic management, balanced scorecard, Key Success Factor, manajemen strategik,