Analisis Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Penjualan Dalam Hubungannya Dengan Strategi Pemasaran Ban Mobil di Indonesia
SYAMSUL HUDA (Pembimbing): Drs Eduardus Tandelilin, MBA., Drs Eduardus Tandelilin, MBA
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga ban baru, harga ban vulkanisir, dan jumlah produksi mobil terhadap penjualan ban mobil. Berdasarkan pengaruh tersebut, maka dapat dirumuskan strategi pemasaran ban Indonesia. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan Regresi Berganda,sedangkan analisis kualitatif dilakukan dengan analisis SWOT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa elastisitas harga ban baru dan harga ban vulkanisir adalah inelastis. Artinya harga ban mempunyai pengaruh yang sangat kecil terhadap penjualan ban mobil Indonesia, sedangkan pengaruh paling besar berasal dari jumlah produksi mobil. Dari analisis SWOT diketahui bahwa industri ban Indonesia mempunyai kekuatan dan peluang untuk berkembang. Kekuatan-kekuatan tersebut adalah tersedianya bahan baku yang cukup, besarnya kapasitas produksi,
dan kualitas yang baik, sedangkan peluangnya adalah meningkatnya jumlah kendaraan, kualitas jalan yang semakin baik, penambahan panjang jalan, pembebasan bea masuk impor bahan baku, dan peraturan tentang lokalisasi industri perakitan kendaraan bermotor. Kebijaksanaan pemasaran perusahaan-perusahaan ban adalah melakukan penjualan Original Equipment dan Replacement. Dalam penjualan Original Equipment, strategi yang digunakan adalah strategi Fokus, karena yang dilayani hanya industry perakitan. Pada penjualan Replacement, untuk ban kendaraan pribadi menggunakan strategi Diferensiasi,dan untuk ban kendaraan niaga menggunakan strategi Keunggulan biaya menyeluruh. Walaupun penjualan terns meningkat, masih diperlukan berbagai langkah dan strategi dalam pemasaran ban. Untuk melaksanakannya, perusahaan harus tetap mengacu pada kondisi internal yaitu melihat kekuatan dan kelemahan perusahaan dan kondisi eksternal yang memanfaatkan peluang dan menghilangkan ancaman yang dihadapi perusahaan.
The objectives of this study are to investigate the influence of both price of new tires and used tires,and volume of car productions to the sales volume of tires. Based on those influences, it can be formulated the marketing strategies of tires in Indonesia. The tools of the analysis used in this study are both quantitative and qualitative analysis. The quantitative analysis uses the multiple regression model, and SWOT analysis are used for qualitative analysis purposes.
The finding of this study show that the price elasticity of both new and used tires are inelastic. It's mean that price of tires have little influence to the sale volume of car tire in Indonesia, meanwhile the largest effect come from the production of car itself. The SWOT analysis show that car tire industry in Indonesia has strength and opportunity to develop. This strength can be seen from the availability of raw material, production capacities, and a high quality of products, meanwhile the opportunities can be seen from the increasing of car registration,improvement the quality and the length of the roads,elimination of raw material import duties, and regulation that require the car assembly industries must use local component. The marketing policy of tire firms are selling Original Equipment and Replacement. In the selling of Original Equipment the strategy used is Focus strategy, because they serve only assembler industry. Meanwhile, the selling of tire Replacement for private cars used Differentiation strategy, and Overall cost leadership strategy. Eventhough they can increase their sales, but they need several additional efforts and strategies to market their product. In order to achieve this objective,the firms should be refer to their internal conditions, namely to analyze the strength and weakness of the firms, and external conditions in order to catch the opportunities and eliminate threat which might be faced by the firms.
Kata Kunci : Faktor Yang Mempengaruhi Penjualan, Strategi Pemasaran