PENGARUH CITRA MEREK DAN PERSEPSI ATAS KINERJA PUBLIC RELATIONS PADA LOYALITAS PELANGGAN HOTEL ECLIPSE
Suridharmayanti, Nyoman Dwi (Adv.: Sari Sitalaksmi, M.Mgt., Ph.D.), Sari Sitalaksmi, M.Mgt., Ph.D.
Dalam menciptakan suatu loyalitas konsumen, penting bagi perusahaan untuk memperhatikan komunikasi pemasaran guna meningkatkan kesadaran konsumen mengenai produk atau jasa tersebut. Salah satu jenis komunikasi yang digunakan adalah public relations. Semakin banyak industri perhotelan yang berkembang di Yogyakarta, membuat citra atas merek menjadi penting untuk konsumen dalam menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh persepsi public relations dan citra merek pada loyalitas konsumen.Kriteria responden yang dipilih dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan jasa hotel Eclipse Yogyakarta. Jumlah responden yang digunakan adalah sebanyak 100 orang dari 100 kuesioner yang disebarkan. Metode analisis yang digunakan adalah merote analisis berganda.
Hasil analisis data menunjukan bahwa persepsi public relations dan citra merek berpengaruh secara signifikan dan positif pada loyalitas konsumen. Citra merek dan persepsi public relations merupakan faktor penting yang mempengaruhi intense konsumen dalam melakukan pembelian ulang, merekomendasikan ke orang lain dan loyalitas konsumen. Citra merek juga dapat menopang persepsi pelanggan tentang nilai, kualitas, kepuasan dan loyalitas.
Variable persepsi public relations merupakan variable yang paling berpengaruh pada loyalitas konsumen, karena persepsi public relations memiliki nilai beta yang lebih besar 13,663 dibandingkan dengan nilai koefisien citra merek 3,014. Kinerja yang dilakukan oleh public relations mempengaruhi ekspektasi konsumen mengenai hotel Eclipse, sehingga membuat konsumen kembali menggunakan hotel tersebut. Hal ini berarti bahwa semakin baik persepsi konsumen terhadap kinerja public relations maka loyalitas konsumen terhadap hotel Eclipse akan semakin meningkat.
In creating a customer loyalty, it is important for companies to pay attention to marketing communications in order to increase consumer awareness about products or services. One type of communication used is public relations. The more growing hospitality industry in Yogyakarta, making the brand image is important for consumers to use the product or service offered.
The purpose of this study was to examine the influence of perceptions of public relations and brand image on customer loyalty. The criteria selected respondents in this study is that consumers who use the Eclipse Yogyakarta hotel. The numbers of respondents used were as many as 100 people from 100 questionnaires were distributed. The data obtained were analyzed through multiple regressions.
The results of data analysis showed that the perception of public relations and brand image significantly and positively influence the customer loyalty. Brand image and perception of public relations is an important factor affecting the intense consumers in making repeat purchases, recommend to others and loyalty. Brand image can also support the customer's perception of value, quality, satisfaction and loyalty.
Variable perception of public relations is the most influential variable on consumer loyalty, because the perception of public relations has a beta value greater than the value of 13.663 brand image coefficient 3.014. The performance is conducted by public relations affect consumer expectations regarding Eclipse hotel, so make consumers re-use hotel. This means that the better performance of consumer perceptions of public relations consumer loyalty to the hotel then Eclipse will increase.
Kata Kunci : Persepsi public relatins, citra merek, loyalitas konsumen, Perception of public relations, brand image, customer loyalty