Analisis Sikap dan Minat Konsumen dalam Mengambil Polis Asuransi Jiwa pada Industri Asuransi di Kotamadya Malang
Sunaryo ( Adv:Drs. John Suprihanto, MIM ), Drs.John Suprihanto, MIM
1994 | Tesis | S2 Management
Perkembangan asuransi Jiwa khususnya di Indonesia dewa sa ini belum begitu menggembirakan. Indonesia paling sedikit pemegang polis dibanding negara tetangga yaitu hanya 1,68%,
sedangka Jepang merupakan negara yang paling maju yaitu sebe sar 273,8 %. Sumbangan terhadap Prociuk Domestik Regional Bruto (PDRB) Indonesia juga masih tergolong kecil, yakni hanya 0,21 %. sedangkan Singapura sudah mencapai 1,63 %. Dilihat dari jumlah penduduk Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar, sehingga permasalah dibidang pemasaran merupakan tantangan yang harus dihadapi. Dalam penelitian ini pemasaran dilakukan de ngan pendekatan pada perilaku konsumen. Menurut Britt untuk mengubah perilaku membeli maka yang harus diubah terlebih da hulu adalah sikapnya. Selanjutnya model sikap yang diacu dalam dalam penelitian ini adalah model Fishbein dan Ajzen dalam Reasoned Action Model.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi pengaruh keyakinan dan evaluasi terhadap sikap konsumen,2)mengidentifikasi pengaruh keyakinan normatif dan motivasi terhadap norma subyektif,(3) mengidentifkasi pengaruh sikap konsumen dan norma subyektif terhadap minat konsumen,dan (4)mengidentifikasi pengaruh pendapatan terhadap minat melalui sikap, keyakinan dan evaluasi konsumen dalam mengambil polis asuransi jiwa pada industri asuransi di Kotamadya Malang.Populasi sampling dalam penelitian ini adalah rumah tangga yang belum mengambil polis asuransi jiwa, dan yang tinggal di Perumahan KPR-BTN. Sedangkan yang menjadi obyek penelitian adalah kepala rumah tangga. Pengambilan sampel di lakukan secara kombinasi antara cluster dan purposive sampling sebanyak 150 responden. Sebelum pengumpulan data, daftar pertanyaan yang telah dibuat diuji coba pada 30 responden untuk mengukur validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya data yang terkumpul akan dianalisis secara diskriptif dan inferensial, sedangkan untuk analisis inferensial menggunakan analisis regresi berganda. Proses analisis regresi menggunakan metode OLS (Ordinary Least Square) dengan bantuan paket program DataFit.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, responden mempunyai
keterlibatan yang tinggi, baik melaui pengetahuan mereka sen diri maupun kunjungan Agen. Responden mempunyai tingkat pendi dikan dan pendapatan menengah ke atas, sehingga responden mam pu membeli polis asuransi jiwa. Selanjutnya pengaruh keyaki nan dan evaluasi terhadap sikap konsumen, pengaruh keyakinan normatif dan motivasi terhadap norma subyektif, pengaruh sikap dan norma subyektif terhadap minat konsumen masing-masing baik secara parsial maupun serempak mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan. Sedangkan pendapatan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat, baik melalui sikap, keyakinan maupun evaluai konsumen dalam mengambil polis asuransi jiwa.
The development of life insurance especially in Indonesia hasn't been properly considered, recently. The life insurance policy holders in Indonesia have only reached 1,68 %., whereas Japan, a developed country have reached 273,8 %.The contribution of the Indonesian Gross Regional Domestic Product is still small compared to Singapore which has reached 1,63 %. considering the Indonesian population which is potentially high to purchase life insurance. So the marketing of life insurance policy is still a challenge. In this research, the marketing of life insurance policy is carried out through an approach towards consumer's behaviour. To change the consumer's purchasing behaviour,Britt suggests that the consumer's attitude should be changed first. The model used in this research is Fishbein and Ajzen models in Resoned Action Model. The objective of this research are to identify the in inf luence of {1) faith and evaluation towards the consumer's attitude, (2) belief norms and motivation towards subjective norms, (3) consumer's attitude and subjective norms towards interest, and (4) income towards consumer's interest through their attitude, belief and evaluation in purchasing life insurance policy from insurance companies in Malang. The population sampling in this research are households who have not become a member of the life insurance policy and those who live at KPR-BTN housing. The objects of research are the heads of household. The 150 samples were chosen based on combination of area and purposive sampling methods. Before collecting the data, the questionaire was tried out on 30 respondents to ascertain the validity and reliability of it. The collected data are then analyzed descriptively and inferentially. The inferencial analysis uses the multiple regression analysis. The process of regression analysis uses the Ordinary Least Square Method {OLS) with the help of Data-Fit program. The results of the research showed that the respondents are highly involved both from their knowledge and visits of the life insurance salesmen. The respondent are educated and are from the middle class upwards. This enables the respondents to buy life insurance policy. Furthermore, the influence of belief and evaluation on the consumer's attitude, the influence of belief norms and motivation towards subjective norms, influence the attitude and subjective norms towards the consumer's interest both partially and• simultaneously have po sitive and significant effects. The income doesn't have a sig nificant effect towards the interest, through the consumer's attitude, belief and evaluation in purchasing the life insurance policy.
Kata Kunci : polis asuransi,sikap konsumen,minat konsumen,asuransi jiwa