Analisis Rantai Nilai (Value Chain) Untuk Memperoleh Keunggulan Bersaing Pada Perusahaan Furniture (Studi Kasus CV. Duta Jepara Furniture)
SUMBAGA, WIRA (Adv.: Amin Wibowo, Dr., M.B.A.), Amin Wibowo, Dr., M.B.A.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat analisis rantai nilai (value chain) pada sebuah perusahaan furniture yaitu CV DUTA JEPARA yang terletak di kabupaten Jepara, Jawa Tengah.
Penelitian menunjukkan bahwa diperlukan perbaikan aktivitas dalam rantai nilai (value chain) memerlukan tinjauan yang lebih terpadu dalam konsep building block dalam rantai nilai, yang menggunakan empat konsep dasar yaitu: efficiency, innovation, quality dan customer responsiveness, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa dimana setiap pembenahan yang ada pada satu aktivitas akan membantu atau mendukung pembenahan pada aktivitasaktivitas selanjutnya. Dari seluruh analisis menunjukkan bahwa CV DUTA JEPARA tidak boleh hanya berkonsentrasi pada satu strategi generik yaitu low cost leadership, akan tetapi juga perlu mengembangkan strategi baru yang bersifat differentiation sehingga dapat unggul dalam bersaing.
The purpose of this research is to analyze vale chain for a company that produces furniture, CV DUTA JEPARA, which is located at Jepara East Java. The research shows that the revision of value chain in the activities of CV DUTA JEPARA will need the concept of building block of competitive advantages that is used four factors, such as: efficiency, innovation, quality
and customer responsiveness. In other hand, the result of value chain and building blocks shows that there are interconnections between activities that are revised in CV DUTA JEPARA. Furthermore, CV DUTA JEPARA can not just concentrate on low cost leadership strategy but also it will be suggested to use differentiation strategy if CV DUTA JEPARA wants to gain competitive advantages in furniture industry.
Kata Kunci : Industri Furniture, Jepara, Lingkungan Bisnis, Keunggulan Bersaing, Strategi Generik, Rantai Nilai, Furniture Industry, Jepara, Business environment, Competitive Advantages, Generic Strategy, Value Chain, Building Blocks of Competitive Advantages