Strategi Marketing Mix Untuk Mencapai Target Penjualan Industri Besar Rokok Kretek Filter di Propinsi Jawa Tengah
SUMARNO, SAHID (Adv.: Sukanto Reksohadiprodjo, Prof.Dr., M.Com.), Sukanto Reksohadiprodjo, Prof.Dr., M.Com.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing mix yang rneliputi harga, promosi dan distribusi untuk mencapai target penjualan industri besar rokok kretek filter di Jawa Tengah. Alat analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kuantitatif dan kualitatif. Analisa kuantitatif yaitu dilakukan dengan Regresi Berganda dan Probabilitas bersyarat dengan bantuan diagram Venn, sedangkan analisa kualitatif dilakukan dengan SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga rokok memberikan pengaruh kuat dalam mencapai target penjualan dan selanjutnya diikuti oleh biaya distribusi, sedangkan biaya promosi kurang memberikan. pengaruh kuat untuk mencapai target penjualan. Dari analisa SWOT diketahui bahwa industri besar rokok kretek filter di Jawa Tengah menunjukkan adanya kekuatan dan peluang untuk berkembang. Kekuatan -kekuatan tersebut adalah tersedianya. sumber Jaya manusia, persediaan ternbakau, persediaan cengkeh dan kapasitas produksi, sedangkan peluangnya adalah meningkatnya jumlah konsumen pada segmen pasar dan menambah devisa negara atas penjualan pita cukai pemerintah. Kebijaksanaan pemasaran industri besar rokok kretek filter dilakukan dengan pertimbangan dan memperhatikan selera konsumen yang berbeda-beda menurut segmen pasar, siklus daur hidup produk, dan perSaingan yang semakin tajam. Strategy yang digunakan adalah mengkombinasikan variabel harga, promosi dan distribusi. Meskipun nampaknya prestasi penjualan terus meningkat, akan tetapi kuantitasnya masih dibawah target penjualan rokok kretek filter di Jawa Tengah, Agar prestasi -tersebut mencapai target penjualan, diperlukan langkah-langkah dan strategi dalam pemasaran rokok kretek filter. Untuk melakukannya perusahaan harus mampu mengestimasi dan memproyeksikan baik kondisi intern maupun ekstern yang akan mempengaruhi aktivitas perusahaan. Kondisi intern adalah kekuatan dan kelemahan perusahaan, sedangkan kondisi ekstern adalah peluang dan ancaman yang dihadapi. perusahaan. Bari kondisi perusahaan itu manajemen merurnuskan strategi yang tepat dan mengalokasikan sumber-sumber secara efektif.
This research has the obyective of investigating marketing mix strategy involving price, promotion, and distribution to achieve selling target of the large filter clove cigarette indutries in Central Java. The instruments of the analysis used in this research are both quantitative and qualitative in nature. The qualitative analysis used the Multiple Regression and Conditional Probability (Venn diagram); mean while, the quantitative analysis was done using SWOT analysis. The research results pointed out that price had strong influence for accomplishing sales target followed by distribution expenses, while promotion expenses did not influence strongly for sales target. The SWOT analysis showed that the large producing filter clove cigarettes industries in Central Java had - strengths and opportunities to develop. The strengths were the availability of the human resources, tobacco, clove, better quality, and the production capacity; while the opportunities were the increase of the number of consumers in the market segmen and the increased of the state revenue. The market policy of the large filter clove cigarette industries had. to be done with more consideration and taking notice to the many consumer desires on each market segmen, the product live cycle, the keen market, competition. The strategy used was the combination of price, product, distribution, and promotion. Eventhough the sales performance appeared continuously increasing, the sale was still under the sales target of filter clove cigarettes in Central Java. In order to achieve the sale target it needs several additional steps of strategies to marketing the filter clove cigarettes. The companies must be able to estimate and project either the internal environment or external environment. The internal environment were the strengths and weakness, while the external environment were the opportunities and threats the companies faced. From those environment the firm so they should formulated policies and do the resources allocation effectively.
Kata Kunci : marketing strategy, sales target, human resource management, target Penjualan.