Motivasi Konsumen Dalam Pembelian Surat Kabar Harian Lokal di Kabupaten Sleman
SUMADI (Pembimbing): Drs.Pr.akosa. Hadi, . MBA., Drs.Pr.akosa. Hadi, . MBA.
INTISARI
Penelitian ini mempunyai 3 tujuan, yaitu pertama untuk mengidentifikasi dan mengetahui berbagai motivasi konsumen dalam membeli surat kabar harian lokal, kedua untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan motivasi konsumen dalam membeli surat kabar harian lokal ditinjau dari segi pekerjaan dan tingkat pendidikan konsumen, dan ketiga untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara motivasi terhadap keputusan konsumen dalam membeli suratkabar harian lokal. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, motivasi konsumen dalam membeli surat kabar harian lokal didorong oleh berbagai macam motivasi. Secara berurutan motivasi itu adalah pertama untuk mengetahui berbagai kejadian umum di daerah, terutama di daerah surat kabar itu berada, kedua untuk menambah ilmu pengetahuan yang sifatnya popular, ketiga untuk mengetahui perkembangan harga dan produk-produk yang ditawarkan di daerah, keempat untuk memperoleh hiburan dan kelima untuk membuat dirt menjadi kreatif. Ditinjau dari segi pekerjaan yang digolongkan menjadi praktisi, birokrat dan ilmuwan diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan motivasi secara nyata (significant) di antara ketiga golongan tersebut. Demikian pula bila ditinjau dari segi tingkat pendidikan formal tertinggi konsumen. Dengan kata lain motivasi konsumen dalam membeli surat kabar harian lokal ditinjau dari segi pekerjaan dan tingkat pendidikan adalah sama. Selanjutnya, diketahui bahwa berbagai ragam motivasi yang ditemukan tersebut secara bersama-sama (simultaneously), mempunyai pengaruh yang positif terhadap keputusan konsumen dalam membeli surat kabar harian lokal dan tingkat korelasinya cukup kuat. Namun, apabila berbagai ragam motivasi yang ditemukan tersebut akan dipakai sebagai model dalam memprediksi terhadap perilaku konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli surat kabar harian lokal, maka yang secara significant dapat digunakan adalah motivasi untuk mengetahui kejadian-kejadian umum di daerah, motivasi untuk memperoleh hiburan dan motivasi untuk mengetahui perkembangan harga-harga dan produk di daerah saja, sedangkan dua macam motivasi yang lain tidak significant dimasukkan dalam model.
ABSTRACT
This reseach has three objectives, firstly, to identify and learn various consumer motivations had in buying local daily newspaper; secondly, to know if there were differences between consumer motivations in buying the newspaper from the point view of their vocation and grade of education, and thirdly, to know if there was any relation between motivation and buying the newspaper. This research was conducted in Sleman Regency, the Special Province of Yogyakarta. The result of the reseach shows that consumers, in buying local daily newspaper, were drawn by various motivations. To put it in a sequential order, the motivation was, first, to know various general events in a local area, particularly where the newspaper was issued, second, to improve popular knowledge, third to know the change of prices and products offered by the local district, fourth, to get exitement, and fifth, to make himself creative. From the vocation point of view that can be categorized into practicioner, beaurocrat, and educator could be understood that there was no significant motivation difference between them. And so was the case when viewed from the point of the highest formal education the consumers had got. In other words, motivations to buy local daily newspapers between consumers of vocational category and grade of formal education category prove the same.
It was further understood that those various motivations gave simultaneously positive influence to the consumers' decision to buy the local daily newspapers and the correlation was sufficiently strong. Nevertheless, when the various motivations
disclosed will be used as a model to predict the consumers' performance in taking the decision to buy the local daily newspapers, it was the motivation to know the local general events, to get excitement, and to know the change of local prices and product that can be significantly used, whereas the other two motivations cannot be significantly taken into account as a model.
Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Produk Surat Kabar Harian, Motivasi