ANALISIS STRUKTUR, PERILAKU DAN KINERJA INDUSTRI KABEL YANG GO PUBLIC DI INDONESIA (ANALISIS PANEL DATA)
SULTAN (pembimbing: PROF. DR. SUKADJI RANUWIHARDJA, MA.), PROF. DR. SUKADJI RANUWIHARDJA, MA.
Tesis ini menganalisis pengaruh struktur, perilaku dan kinerja industri kabel yang go public di Indonesia terhadap kekuatan pasar (market power). Data yang digunakan pada tahun 1992 sampai 1997 yang merupakan data panel (pooling data) dengan jumlah sampel sebanyak 36 observasi.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan regresi dengan metode GLS. Hasil analisis deskriptif menunjukkan 55 persen pangsa pasar industri kabel di Indonesia dikuasai oleh perusahaan-perusahaan yang go public. Struktur pad a industri kabel yang go public di Indonesia merupakan oligopoli moderat rendah di mana empat perusahaan memiliki konsentrasi rasio 52 persen. Dengan menggunakan indeks Herfindahl diperoleh tingkat konsentrasi 99 persen. Perilaku industri kabel di Indonesia menggunakan strategi produk diferensiasi yang disertai dengan strategi promosi. Kinerja diukur dengan tingkat keuntungan di atas rata-rata dimana PT SUCACO Tbk. memperoleh keuntungan tertinggi.
Hasil analisis regresi dengan metode GLS, menunjukkan bahwa elemen-elemen struktur yaitu jumlah penjual dan jumlah pembeli memberikan pengaruh positif terhadap market power sedangkan hambatan memasuki pasar berpengaruh negatif pada market power. Elemen-elemen perilaku yaitu strategi harga, strategi produk diferensiasi dan strategi promosi memberikan pengaruh positif terhadap market power. Dan elemen- elemen kinerja yaitu profit, efisiensi, dan biaya-biaya R & D industri kabel yang go public di Indonesia memberikan pengaruh yang positif.
This thesis analyzes the influence of structure, conduct, and performance of go-public cable industry in Indonesia to market power. The used data is from 1992 to 1997 which is pooling data by a number of samples 36 observations.
The approach which is used in this research is descriptive analysis and regression with GLS method. The result of descriptive analysis shows 55 % of the cable industry market in Indonesia has been dominated by the go-public enterprises. The structure of go-public cable industry in Indonesia is low-moderate oligopoly in which four enterprises have 52 % of concentration ratio. By using Herfindahl index the level of concentration 99 % will be achieved. The conduct of cable industry in Indonesia uses the differentiation product strategy accompanied by promotion strategy. The performance was measured by the profit level above of rate in which PT SUCACO Tbk. has received the highest profit.
The result of regression analysis by GLS method shows that the structure elements, that is, a number of sailers and buyers gives positive influence to market power, meanwhile the obstacles barrier to entry market gives negative influence on market power. The conduct elements, that is, price strategy, differentiation product strategy and promotion strategy give positive influence to market power. And the performance elements, that is, profit, efficiency and R & 0 cost of go-public cable industry in Indonesia give positive influence.
Kata Kunci : Kinerja Industri, prilaku Industri, Struktur Industri, Kekuatan pasar, struktur, perilaku, kinerja, data panel dan go public.Market Power, Structure, Conduct, Performance, Pooling Data and Go-Public