Laporkan Masalah

Analisis Strategi PT. Telkomsel Sebagai Pemimpin Pasar Telekomunikasi Seluler di Indonesia Periode 2005-2009

SULAIMAN, IMAN (Adv.: Harsono, Dr., M.Sc.), Harsono, Dr., M.Sc.

2014 | Tesis | S2 Magister Management

Saat ini, industri telekomunikasi merupakan industri yang sangat besar, dinamis dan mempunyai tingkat pertumbuhan yang sangat tinggi baik dari jumlah pelangan maupun ukuran pasar yang ada. Bagi masyarakat, kebutuhan akan layanan telekomunikasi yang terjangkau dan berkualitas telah menjadi kebutuhan hidup yang sangat penting. Dengan tingkat pertumbuhan industri yang cukup tinggi telah menarik pemain-pemain baru di industri telekomunikasi di Indonesia. Telkomsel sebagai pemimpin pasar harus melakukan penyusunan strategi terhadap asset, teknologi dan operasional untuk dapat mempertahankan posisinya sebagai pemimpin di industri telekomunikasi.



Analisa terhadap industri telekomunikasi seluler di Indonesia menunjukkan bahwa terdapat kesempatan yang dapat dipergunakan oleh PT Telkomsel seperti kebutuhan akan layanan telekomunikasi di rural area serta tingkat pertumbuhan ekonomi yang stabil. Ancaman terhadap keberadaan PT Telkomsel dapat dilihat dari struktur tariff pasar yang saat ini sedang dalam masa perang tariff, geografis alam Indonesia, serta regulasi yang mengatur terhadap kompetisi di dalam industri.



Key succsess factor di dalam industri adalah dengan melakukan ekspansi terhadap cakupan layanan elekomunikasi yang luar, inovasi produk dan layanan, jumlah pelanggan yang sangat besar dan implementasi terhadap strategi pemasaran. Berdasarkan analisa yang telah dilakukan, PT Telkomsel disarankan melakukan improvisasi terus menerus terhadap area layanan yang belum masuk dalam jangkauan jaringan Telkomsel agar dapat melakukan akuisisi terhadap pasar baru pelanggan seluler, melakukan peningkatan terhadap layanan dan kualitas jaringan, melakukan strategi pemasaran dan strategi harga, menyediakan produk inovasi baru dan terus melakukan efisiensi harga terhadap biaya operasional dan infrastruktur.

Telecommunication industry in Indonesia continues to expand significantly with a strong level of growth in term of subscribers and market size. The necessity for affordable, high-quality means of communication for people all over the country has made wireless telecommunication to become one of many fundamental needs in daily life of the people. However, the profitability and rapid growth of the market size has created such strong interest for new mobile operators to join the wireless telecommunications industry. PT. Telkomsel as a market leader needs to reconsider its asset management, technological capability, and operational strategy, in order to maintain its leadership in the market.



The analysis of wireless telecommunications industry in Indonesia shows some opportunities that may be utilized by PT. Telkomsel, such as ample demand for wireless services in rural areas, economy on track to growth in a stable manner, and low penetration rate of mobile users. Threats that may arise from the industry include more competitive mobile market with focus on low tariffs, geographical nature of Indonesia, and government regulation aiming at ensuring fair competition in wireless telecommunication industry.



Key success factors in the industry are identified with the most important ones being wide network coverage, innovative products and services, large subscriber base, and effective marketing strategy. Based on the insights acquired from the study and analysis, it is recommended that PT. Telkomsel considers competitive strategies such as improving network coverage in order to acquire new market of mobile users, improving quality of network and service to customers, devising effective marketing and pricing strategy, providing new, innovative products, and keeping the cost of operating the infrastructure efficient.

Kata Kunci : telekomunikasi, Telkomsel, industri, pemimpin pasar, strategi, GSM, kompetisi, perang tarif


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.